Berbahayakah berhubungan seksual saat COVID?

AS Info Penanya: AS, Pria, 56 Tahun
bahayakah berhubunbgan badan dan ciuman dengan istri yang tidak mematuhi protokol penceghahan covid19 meskipun istri telah mandi keraamas dulu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS,

COVID adalah salah satu penyakit yang menjadi pandemi akhir-akhir ini karena proses penularannya yang cepat dan dapat berakibat hingga kematian terutama bagi penderita yang sudah berusia lanjut dan memiliki penyakit penyerta sebelumnya.

Perlu diketahui penularan infeksi corona ini melalui droplet (percikan ludah atau ingus) dari penderita COVID yang masuk ke dalam mukosa bibir, hidung, dan mulut. Namun sayangnya virus ini bisa diam di dalam tubuh seseorang dan tidak menunjukkan gejala sama sekali bila daya tahan tubuh orang tersebut baik. Maka orang tersebut disebut sebagai carrier (pembawa virus) atau orang tanpa gejala (OTG). Orang tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda sakit namun dapat menularkan ke orang lain.

Jadi sebaiknya hindari aktivitas berciuman dan tetap jaga jarak dengan siapapun, karena bisa saja orang di sekitar Anda merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang saya jelaskan tadi, dan tetap usahakan untuk menjaga daya tahan tubuh Anda dengan cara makan, minum, dan tidur yang teratur.

Pastikan untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk karantina di rumah kecuali ada keperluan mendesak, gunakan masker selama berpergian, dan hindari menyentuh area wajah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Psikosomatik akibat virus corona terjadi karena kecemasan yang berlebihan

Merasakan Gejala Mirip Virus Corona? Bisa Jadi Gejala Psikosomatik

Psikosomatik akibat virus corona mungkin saja terjadi di tengah pandemi global ini. Rasa khawatir atau cemas yang berlebihan adalah faktor utama yang memicu timbulnya perasaan tersebut.