14 Oct 2021, 10:26Kandungan

Cairan sperma keluar dari vagina setelah berhubungan

TS
Info Penanya: TS0
Halo dok , saya mau tanya . 1 hari yg lalu suami saya mengeluarkan sperma didalam , dan hari ini saya mengeluarkan air mani juga dok . Apakah sperma suami saya yg kmaren juga ikutan keluar dok ?
89 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat siang, TS.Agar terjadinya kehamilan tentunya sel telur yang diproduksi oleh wanita harus dibuahi oleh sperma yang dihasilkan pria. Sperma ini dapat masuk ke dalam vagina melalui hubungan seksual.Kemungkinan besar kehamilan terjadi ialah saat melakukan hubungan intim pada masa subur wanita dalam siklus menstruasinya. Masa subur ini terjadi 2 minggu sebelum datangnya menstruasi berikutnya.

Fase menstruasi :

  • Fase Menstruasi. Keluarnya perdarahan melalui vagina, biasanya bisa terjadi 2-7 hari.
  • Fase Folikuler. Fase pembentukan sel telur yang dihasilkan oleh indung telur (ovarium).
  • Fase Ovulasi atau masa subur wanita. Proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari ovarium sehingga dapat bertemu dengan sel sperma.
  • Fase Luteal. Menebalnya dinding rahim sevagai cikal bakal tertanamnya janin didalam rahim.
Bila sudah mengenal fase tersebut, mari kita bahas lebih lanjut mengenai sperma. Sperma terdapat pada cairan preejakulasi atau dikenal dengan precum dan cairan ejakulasi. Banyaknya cairan ejakulasi yang dikeluarkan tergantung setiap orangnya. Sperma yang masuk ke dalam sistem reproduksi wanita dapat bertahan selama 5 hari.Jadi untuk menjawab kondisi yang anda sampaikan, memang tidak semua cairan sperma dapat ditampung didalam vagina. Sebagian cairan akan keluar kembali melalui vagina, hal itu normal terjadi. Namun, sebagian sperma yang sudah masuk ke dalam rahim bisa menetap di sistem reproduksi wanita selama 5 hari. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
kesehatan kandungankehamilansperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil