Hubungan badan jika ada setetes sperma masuk bisa hamil?

MR Info Penanya: MR, Pria, 20 Tahun
Jika setetes sperma masuk kedalam vagina apa bisa menyebabkan hamil .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MR,

Kehamilan adalah berhasilnya sel telur dibuahi oleh sel sperma, dimana hanya diperlukan 1 sel sperma saja yang membuahi sel telur. Pada saat terjadi hubungan seksual baik terjadi ejakulasi di dalam vagina ataupun tidak, selama berhubungan badan bisa ada sel sperma yang terdapat cairan preejakulasi yang bisa menimbulkan kehamilan. 

Dalam 1 kali ejakulasi ada jutaan sel sperma yang dilepaskan, dimana dalam 1 ml nya minimal ada 15 juta sperma. Bahkan pada kondisi baik bisa ada puluhan juta sel sperma dalam 1 mililiternya. Jadi jika dalam 1 mililiter yang perbandingannya sama dengan 20 tetes, bisa terdapat lebih dari 1 juta sel sperma disetiap tetesnya. 

Sel sperma juga bisa bertahan selama hampir 3 hari di dalam vagina. Untuk itu, jika memang ingin menunda atau belum siap menanggung kehamilan perlu menggunakan kontraspesi seperti:

  • Kondom
  • Pil KB

Jika sebelumnya sudah berhubungan badan lalu terdapat keterlambatan haid pada wanita, bisa jadi merupakan tanda kehamilan. Ada baiknya bisa melakukan pemeriksaan tes kehamilan yang mudah dikerjakan sendiri seperti menggunakan testpack.

Jika hasilnya samar atau negatif, bisa coba diulang kembali dalam 14 hari jika masih belum ada tanda-tanda perdarahan haid. Atau bisa juga dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan hubungan seksual dengan perlahan tapi pasti dapat dijadikan salah satu tips seks untuk usia lanjut

5 Tips Seks yang Bisa Anda Coba Seiring Bertambahnya Usia

Disfungsi ereksi hingga libido rendah seringkali menjadi tantangan seksual bagi pasangan yang sudah berusia lanjut. Namun, ada beberapa tips seks untuk usia lanjut, seperti melakukannya dengan perlahan tapi pasi, eksperimen posisi hingga onani atau masturbasi.