Melakukan hubungan seks sebelum haid apakah bisa hamil?

A Info Penanya: A
Selamat malam dokSya ingin bertanya, saya mellakukan hubungan intim di hari sebelum haid, kira" 4 atau 3 hari sebelum haid dan melakukan ejakulasi di dalam vagina apakah itu memungkinkan untuk terjadinya ke hamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya bisa terjadi jika ada penmbuahan dalam rahim oleh sperma dan sel telur. Sel telur akan keluar setiap bulannya saat ovulasi atau masa subur, yang biasanya terjadi pada 12-14 hari sebelum mentruasi datang selanjutnya. Dan jika pada masa sel telur keluar dan ada sperma yang masuk, bisa saja kehamilan bisa terjadi.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kemungkinan kehamilan tidak terjadi. Karena setelah Anda melakukan hubungan kemudian terjadi menstruasi. Hal tersebut menandakan bahwa tidak ada sel telur yang di buahi sehingga luruh. Namun jika darah tersebut bukan darah menstruasi, misal flek tanda implantasi atau perdarahan yang terjadi karena berhubungan, bisa saja Anda hamil. Jadi jika pada bulan berikutnya Anda terlambat haid, sebaiknya lakukan pemeriksaan testpack untuk memastikannya.

Tetap jaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan gizi seimbang per banyak sayur dan buah, konsumsi aiir putih minimal 2 liter / hari, olahraga teratur minimal 3-4 kali / minggu, istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari, hindari rokok dan minum alkohol. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan. 

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memperhatikan waktu yang tepat untuk bercinta adalah salah satu cara agar cepat hamil.

Agar Cepat Hamil, Anda Harus Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Buat Anda dan pasangan yang sedang menanti momongan, ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa dicoba. Ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa memperbesar kemungkinan kehamilan.