Hormon hcg

YS Info Penanya: YS, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya, berapa lamakah pada umumnya hormon hcg hilang pasca melahirkan, sebab saya tespek pada hari ke 50 hasilnya masih ada 2 garis yg samar sekali. Apakah saya hamil, apa mmg sisa hcg yg pasca melahirkan. Dan saya blm dapat mentruasi dok, sementara saya tidak menyusui? Mohon penjelasannya dok, saya takut hamil???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hormon chorionic gonadotropin (hCG) merupakan hormon yang dihasilkan oleh sel-sel yang berada di dalam plasenta atau ari-ari. Fungsi dari hormon hCG adalah menjaga sel telur yang telah dibuahi sperma dalam melakukan implantasi atau menempel pada dinding rahim. Oleh karena itu, deteksi keberadaan homon hCG seringkali digunakan sebagai indikator kehamilan.

Namun, selain keadaan kehamilan, ternyata hormon hCG dapat diproduksi secara abnormal pada kondisi medis tertentu seperti pertumbuhan sel tumor tertentu, keadaan gangguan kehamilan seperti kehamilan ektopik, kehamilan anggur (mola hidatidosa) hingga keganasan atau kanker rahim. Pada keadaan keguguran pun kadar hormon hCG msih dapat terdeteksi dan bertahan hingga berbulan-bulan.

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang kadar hormon hCG yang masih terdeteksi pasca melahirkan, pada dasarnya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 minggu untuk agar tingkat hCG dapat kembali normal. Hal ini disebabkan oleh sisa placenta yang mungkin tertinggal sehingga masih dapat menghasilkan hormon hCG untuk sementara waktu. Mengenai keluhan belum haid walaupun tidak menyusui bisa saja terjadi karena keadaan hormon yang belum seimbang.

Untuk sementara Anda dapat menunggu selama kurang lebih satu minggu untuk kembali malakukan test pack, dan apabila hasilnya masih samar, berkonsultasilah segera dengan dokter Kandungan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Periksa kehamilan dengan test pack

Tanda-tanda Awal Kehamilan yang Wajib Anda Ketahui

Ketika terjadi pembuahan, sel-sel telur akan menempel pada uterus. Kondisi ini bisa menyebabkan perubahan pada payudara, muncul flek, kram perut, dan keputihan yang bisa menjadi tanda awal kehamilan.