HNP dan Cacar api? Apa Hubungannya?

IW Info Penanya: IW, Wanita, 23 Tahun
Dear Dokter, Saya mempunyai 3 pertanyaan tentang syaraf dan cacar air (herpest zoster), yaitu : 1. Saya menderita syaraf terjepit di bagian tulang belakang. Bagaimana cara penyembuhannya? 2. Bagaimana ciri-ciri penderita penyakit herpest zoster (cacar air)? Apa bisa menular? melalui apa dan bagaimana cara penularannya? 3. Apa virus herpest zoster (cacar air) ada hubungannya dengan penyakit syaraf seperti yang saya sebutkan di nomor 1? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu IW,

Bila yang Ibu maksudkan dengan syaraf terjepit adalah HNP atau Herniasi Nukleus Pulposus adalah salah satu jenis penyakit akibat proses penuaan pada bantalan antara ruas tulang belakang, yang menyebabkan penonjolan ruas tulang belakang. HNP adalah awal dari proses penjepitan syaraf tulang belakang dan dapat berakibat fatal sampai kelumpuhan.

Tulang yang paling sering terkena HNP adalah tulang ruas leher bagian bawah dan ruas pinggang bawah.

Pengobatan yang diajurkan secara medis untuk HNP adalah Medikamentosa atau pemberian obat-obatan, Fisotherapy dan Operasi. Sebesar 70% kasus HNP tidak memerlukan operasi,karena belum merusak syaraf. Pengobatan diberikan berupa modifikasi obat –obatan dengan fisiotherapi, bila dalam waktu maksimal 3 bulan belum ada perbaikan, maka Dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan operasi.

Tindakan operasi dilakukan dengan tujuan dapat menghilangkan nyeri, mencegah kerusakan pada syaraf menjadi lebih parah, dan memungkinkan terjadinya kesembuhan pada syaraf.

Selain Medikamentosa dan Operasi, terdapat jenis pengobatan lain yang saat ini dikembangkan yaitu Blok Syaraf, dan pada kasus HNP tertentu memberikan hasil yang baik.

Sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Syaraf (SpS) dan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis  (SpRM) untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut.

Herpes Zoster atau Cacar Api atau Cacar Ular Adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zooster dan menyerang kulit dan mukosa, dan merupakan reaktivasi virus yang sama dengan virus varicella. Jadi saat daya tahan tubuh menurun, maka virus varicella sebelumnya akan kembali aktif dan menyebabkan Herpes Zoster. Penyakit tidak mengancam nyawa dan dapat sembuh sendiri namun dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat.

Cara Penyebaran virus dan Kondisi yang dapat menyebabkan sakit :

  • Reaktivasi dari penderita yang pernah sakit varicella (cacar air)
  • Melalui udara dari pasien yang sakit varicella dan Herpes zoster, saat pasien batuk atau bersin
  • Kontak langsung dengan penderita saat berjabat tangan atau bersentuhan
  • Daya tahan tubuh menurun saat sakit, sress, atau memiliki penyakit kronis lain seperti DM, dan kehamilan.
  • Orang tua dan manula karena daya tahan tubuh yang rendah
  • Memakai barang pribadi secara bersama seperti, handuk, sikat gigi, sisir dll

 

Gejala dan keluhan :

  • Rasa nyeri yang sangat pada seluruh tulang dan otot, di seluruh tubuh
  • Panas tinggi dan sakit kepala
  • Timbul ruam kemerahan menyerupai kulit yang terbakar, berisi air dan bentuknya melingkar setengah lingkaran mengelilingi satu sisi tubuh saja.
  • Mata merah, terasa panas dan berair
  • Tidak ada hubungannya antara HNP dengan Herpes Zozter

Salam Sehat

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit leher sebelah kiri bermacam-macam, mulai dari ringan hingga berat

7 Penyebab Sakit Leher Sebelah Kiri yang Patut Anda Waspadai

Ada banyak penyebab sakit leher sebelah kiri, mulai dari salah posisi tidur hingga tumor tulang belakang. Kenali juga cara mengobatinya agar masalah yang sama tidak berulang.