10 Feb 2021, 05:42Infeksi

Apakah tanda dan gejala HIV pada perempuan?

IY
Info Penanya: IY, Wanita0
Ciri hiv pada perempuan pada umumnya
324 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, IYTerima kasih atas pertanyaannya.HIV atau Human immunodeficiency virus adalah infeksi virus yang menyerang sel -sel ditubuh sehingga tidak dapat melawan infeksi ketika tubuh terpapar virus, bakteri, ataupun benda asing lainnya.  HIV menular melalui cairan tubuh seperti darah, cairan sperma ataupun cairan vagina.  Sehingga hubungan intim tanpa pengaman dan penggunaan jarum suntik bergantian masih menjadi faktor penularan terbanyak HIV. HIV itu sendiri terkadang tidak disadari oleh penderitanya karena pada fase-fase awal tidak menimbulkan keluhan yang khusus dan sering menyerupai sakit biasa.

Tanda dan gejala HIV :

  • Fase 1 yaitu fase awal HIV ditandai dengan gejala flu seperti demam, mengigil, nyeri otot, sariawan, lemas,tenggorokan sakit. Tidak semua akan mengalami hal ini sehingga perlu kesadaran diri untuk periksa bila riwayat hubungan intim berisiko.
  • Fase 2 masuk dalam masa infeksi kronis namun tidak menimbulkan gejala apapun.
  • Fase 3 adalah fase akhir atau AIDS dimana terjadi ketika HIV tidak tertangani dengan benar. Gejala akan ditandai dengan berat badan menurun drastis, lemas terus menerus, diare kronis, luka pada mulut ataupun kelamin. 
Tidak ada perbedaan gejala baik pada pria ataupun wanita.  Untuk itu, bila memiliki riwayat hubungan intim berisiko sebaiknya lakukan tes VCT 3 bulan setelah riwayat di puskesmas atau balai kesehatan terdekat.  Sementara ini tunda dulu aktivitas seksual apapun serta perbanyak konsumsi makanan bergizi dan tinggi nutirisi.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seks beresikohivaids
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil