Berapa lama masa inkubasi HIV?

O Info Penanya: O, Pria, 1 Tahun
dokter. Sy melakukan hubungan berisiko tertular hiv 10 bln lalu. Kemudian sy tes tapi hasilnya NEGATIF. Apakah hasil tersebut dapat di pastikan bahwa sy tdk tertular ? Mengingat waktu inkubasi virus tersebut sdh 10 bulan. Thx dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi O,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Masa inkubasi merupakan masa dimana suatu virus memerlukan waktu untuk masuk sampai menimbulkan gejala sakit pada seseorang. Masa inkubasi HIV tahap awal bisa terjadi selama 2-6 minggu. Gejala yang dapat muncul seperti demam, mudah merasa lelah, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri otot, ruam kemerahan, dll. Pada masa ini Anda bisa melakukan pengecekan pada minggu ke 4 dan kemudian minggu ke 12 setelah terpapar. 

Setelah masa inkubasi tersebut, bila seseorang terkena HIV akan masuk ke tahap Masa inkubasi tahap ke dua atau biasa di sebutdengan HIV kronis, pada tahap ini gejalanya akan bertambah berat gejala ini akan berlangsung 5-10 tahun. Setelah mengalami Masa inkubasi tersebut, Anda akan mengalami Masa inkubasi tahap akhir (AIDS) waktu yg dibutuhkan pada masa ini adalah 10 tahun.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, jika Anda sudah melakukan test pada minggu ke 4 dan 12 dan menunjukan hasil negatif, kemungkinan Anda tidak terkena virus HIV. Selalu jaga kesehatan dengan menjaga daya tahan tubuh dan menjaga pola hidup sehat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh O
19 Jul 2020, 20:00
Maaf dokter. Tes yg sy lakukan itu tes sy pertama kali dalam 10 bulan ....Sy belum melakukan tes yg ke dua kalinya.Apkah dengan tes pertama tersebut sy sdh bsa d nyatakan negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Jul 2020, 10:24
Selamat pagi, O
Seperti yang sudah di jelaskan, apabila kondisi tersebut bisa memasuki masa inkubasi. Untuk itu, sebaiknya lakukan tes kembali, terlebih bila Anda aktif melakukan hubungan seksual, atau memiliki risiko tinggi.
Tetaplah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta cukupi kebutuhan carian harian Anda.
Terima kasih.
Dibalas oleh O
20 Jul 2020, 17:30
Maaf dokter. Maksud saya itu apakah dengan tes pertama tersebut sdh bsa di pastikan bahwa sy tdk terkena hiv. Mengingat hubungan tersebut sdh 10 bulan lalu ...Thx.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 Jul 2020, 11:45
Selamat siang, O.
Walaupun tes pertama Anda dilakukan 10 bulan pasca berhubungan seksual berisiko sebaiknya tetap dilakukan tes kembali untuk yang ke 2 kali pada 12 bulan pasca berhubungan seksual berisiko ya. Jika hasil negatif di tes kedua bisa dipastikan Anda bebas Hiv saat ini ya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala HIV pada anak tidak boleh diabaikan

Ini Gejala HIV pada Anak yang Perlu Diwaspadai Orangtua

Gejala HIV pada anak tidak boleh diabaikan. Orangtua harus memahami betul gejala HIV pada anak, supaya pengobatan dan penanganannya maksimal.