Hitam di pipi kiri akibat cream pemutih

AA Info Penanya: AA
Selama malam dok..Saya laki2 29 tahun..pipi kiri saya menghitam mungkin di sebabkan dulu pernah pake cream pemutih..itu solusinya bgaimana yah dok???Terima kasih dokter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Sselamat siang, AA.

Kehitaman pada kulit wajah khususnya di pipi mungkin terjadi karena berbagai faktor yang berhubungan dengan paparan sinar matahari, efek samping penggunaan produk tertentu, kelainan kulit tertentu, ataupun infeksi kulit. Keadaan tersebut dapat berkisar dari yang ringan hingga yang lebih berat seperti keganasan.

Berikut beberapa peyakit yang dapat menimbulkan keluhan kehitaman pada kulit wajah, diantaranya adalah :

  • flek hitam atau ephelis, kelainan yang dapat dipicu oleh paparan sinar matahari, penggunaan obat-obatan tertentu, bekas luka dan lain-lainnya
  • lentigo, kelainan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari
  • melasma, kelainan yang umumnya berhubungan dengan hormon serta lebih banyak ditemukan pada wanita
  • melanoma, salah satu jenis keganasan atau kanker kulit yang juga dipicu oleh paparan sinar matahari

Mengenai keluhan yang Anda alami, apabila penyebab kehitaman kulit tersebut adalah penggunaan krim wajah, mungkin terdapat kandungan tertentu yang dalam jangka panjang dapat memberikan efek flek hitam pada wajah. Penanganannya secara umum memerlukan pengobatan topikal jenis lainnya yang lebih aman ataupun tindakan seperti pengelupasan kulit di dokter Kulit.

Untuk sementara, hindarilah penggunaan krim pemutih atua perawatan lainnya yang tidak terpercaya sumbernya dan cobalah menggunakan gel lidah buaya untuk membnatu menetralisir toksin di dalam kulit dan mmebnatu menyamarkan flek hitam tersebut.

Jika Anda menginnginkan penaganan yang kebih intensif, periksakanlah diri Anda ke dokter Kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.