27 Jul 2021, 14:55Penyakit Lainnya

hipotoni adalah penyakit

KR
Info Penanya: KR0
Dokter, banyak yang bilang penyakit hipotonia sangat berbahaya pada bayi. Apakah itu benar? Seberapa membahayakannya hipotonia pada bayi? Jika terjadi hipotonia pada bayi, apa yang harus dilakukan ya dok??
688 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KR,Hipotonia adalah kondisi dimana otot kehilangan kekuatan sehingga bisa terlihat lemas dan tidak bisa menggerakan otot atau anggota tubuhnya. Hal ini termasuk gangugan ataupun kelainan pada otot yang dapat terdeteksi di usia dini atau istilah lainnya adalah floppy infant syndrome.Penyebabnya sendiri beragam seperti:
  • Adanya kerusakan otak yang mengatur motorik tubuh
  • Adanya kelainan saraf
  • Adanya cedera pada tulang belakang
  • Adanya infeksi selama hamil ataupun setelah bayi lahir
  • Kelumpuhan 
Gejala hipotonia sendiri bisa beragam tergantung dari otot mana yang mengalami permasalahan, tidak jarang juga kelemahan anggota tubuh bisa tidak selalu khas seperti misalnya anak mengalami kesulitan menggerakan kepala, perkembangan motorik terlambat, refleks yang kurang baik, ataupun jika sudah lebih besar bisa mengealami gangguan bicara, postur tubuh yang kurang baik, mudah lelah dan lainnya.Hipotonia sendiri bisa berbahaya jika yang tidak bisa digerakan adalah otot-otot pernapasan. Untuk itu apabila mengalami kecurigaan, perlu segera diperiksakan pada dokter spesialis anak untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan kondisinya dan dilakukan penanganan sesuai penyebabnya baik dengan terapi fisik ataupun penanganan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tumbuh kembang bayimasalah ototbayi baru lahir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil