Bagaimana gejala hipertiroid dan bagaimana mengatasinya?

WC Info Penanya: WC
Anak saya kata dokter itu sakit hipertiroid.tapi TDK dileher,yg dirasakan tiap kali itu jantungnya sakit dan kedinginan.gimn cara mengatasinya dok trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WC 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Tiroid adalah sebuah kelenjar pada tubuh yang terletak di leher bagian depan dan berbentuk seperti kupu-kupu. Kelenjar tiroid ini menghasilkan sebuah hormon tiroid. Sedangkan penyakit tiroid adalah kondisi dimana tedapat kelainan terhadap kelenjar tiroid dalam memproduksi hormonnya, seperti terlalu banyak (hipertiroidisme), terlalu sedikit (hipotiroidisme), atau bahkan terjadi keganasan (kanker) dan lain sebagainya.

Gejala hipertiroidisme diantaranya adalah: 

  • Jantung yang berdebar-debar
  • Tidak tahan cuaca/udara panas
  • Mudah gemetar / gelisah
  • Peningkatan nafsu makan
  • Peningkatan frekuensi BAB
  • Susah berkonsentrasi
  • Adanya pembersaran pada kelenjar tiroid

Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya penggunaan obat harus dalam pengawasan dokter. Karena harus dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu sebaiknya periksakan anak Anda ke dokter spesialis anak terdekat. 

Pastikan anak Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi serta menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nafsu makan meningkat dari segi porsi ataupun jenis makanan yang dimakan dapat menjadi suatu tanda dari adanya kondisi medis tertentu

7 Penyebab Nafsu Makan Meningkat yang Mungkin Anda Alami

Nafsu makan meningkat terkadang bukan merupakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun apabila nafsu makan meningkat terus-menerus muncul atau makin parah, Anda mungkin mengalami suatu kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipertiroidisme, dan sebagainya.