Hasil dari pemeriksaan TSH dan FT4, hipertiroid atau hipotiroid?

WN Info Penanya: WN, Wanita, 26 Tahun
Tsh 0,08 ulU/mlFree t4 3,4 ng/dl
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

TSH dan FT4 adalah pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kadar hormon tiroid dalam darah dan fungsi dari kelenjar tiroid. Fungsi dari hormon tiroid itu sendiri yaitu mengatur denyut jantung, suhu tubuh, siklus menstruasi, pernapasan, dan juga otot. Pada pemeriksaan laboratorium, TSH memiliki nilai rujukan normal: 0,27-4,7mlU/L, sedangkan FT4 memiliki nilai normal: 0,7-1,55 ng/dL. 

Pada hasil pemeriksaan laboratorium Anda ini, TSH Anda rendah dan FT4 naik. Kondisi ini dinamakan hipertiroid. Hipertiroid merupakan  suatu kondisi dimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan (T4, T3). Penyebabnya adalah bisa karena autoimun dan kondisi medis seperti penyakit Graves. Penyebab lainnya yaitu kelebihan iodium, peradangan tiroid, tumor, suplemen/obat T4, dan tumor jinak di tiroid. Sedangkan gejalanya berupa sering merasa gugup/gelisah, jantung berdebar-debar, sulit tidur, rambut rontok, nafsu makan meningkat, gatal, mual muntah, dan kelemahan.

Jika Anda mengalami gejala seperti yang sudah disebutkan diatas, berarti kemungkinan besar Anda menderita penyakit ini. Untuk itu, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh WN
05 Mar 2020, 15:16
Baik dok, awalnya saya hipotiroid setelah konsumsi euhtyrox 50 mcg dok terus berubah jadi menjadi gampang lapar, makan banyak tapi badan kurus dok, otot terasa ngilu, gampang kelelahan, oia saya di sarankan untuk tes tsh lagi bulan depan. Hipertiroid makanan aja saja yang di perbolehkan dok? Untuk jawabannya Trimakasih sebelumnya. Semoga sehat selalu.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara ampuh mengatasi gondok dengan konsumsi garam beryodium.

Mudah dan Murah, Ini Cara Mengobati Gondok dengan Garam Beryodium

Gondok adalah pembengkakan leher karena kondisi pembesaran kelenjar tiroid. Cara ampuh mengobati gondok dengan konsumsi garam beryodium minimal dua kali sepekan.