Bagaimana menurunkan tekanan darah tinggi?

CS Info Penanya: CS, Wanita, 25 Tahun
Hallo dok , saya mau tanya cara menurunkan darah tinggi apa solusi terbaik kemarin sy tensi 198/130 dengan usia 49 THN tinggi badan 170 cm berat badan 65 kg terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah lebih dari 130/80 mmHg. Kondisi ini biasanya disebabkan karena berbagai faktor seperti faktor usia, genetik, riwayat medis, dan gaya hidup. Komplikasi yang bisa ditimbulkan akibat tekanan darah tinggi sangat fatal, yaitu serangan jantung, gagal jantung, stroke, demensia, gagal ginjal, gangguan kognitif, dll. Untuk itu, bagi penderita hipertensi sangat penting menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi dan tetap stabil. 

Cara menurunkan tekanan darah tinggi, yaitu:

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi (sayuran hijau, beri, bit merah, susu skim, yogurt, ikan salmon, dan ikan makarel)
  • Mengurangi konsumsi garam.
  • Berolahraga teratur.
  • Rutin memantau tekanan darah.
  • Mengurangi konsumsi alkohol.
  • Rutin mengkonsumsi obat darah tinggi yang diresepkan oleh dokter.
  • Menghindari stres.

Anda bisa melakukan cara-cara diatas untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda derita. Terutama Anda harus rutin mengkonsumsi obat-obatan darah tinggi yang sudah diresepkan oleh dokter Anda. Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan ke dokter di klinik terdekat agar dapat dievaluasi kembali kondisi Anda ini. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pisang matang berwarna kuning dan manfaatnya

Ragam Manfaat Pisang untuk Memaniskan Hidup

Pisang kaya akan kalium dan magnesium, serta antioksidan. Keseluruhan kandungan dari pisang ini berfungsi untuk meningkatkan daya konsentrasi otak, memperbaiki suasana hati, menurunkan berat badan, memberikan energi, mengatur kadar gula dalam darah, dan lain sebagainya.