Hipertensi bisa mengakibatkan CKD apa kaitannya?

MD Info Penanya: MD, Wanita, 21 Tahun
Selamat siang dok. Dok pada pasien yang memiliki penyakit hipertensi kenapa bisa berkomplikasi ke penyakit ckd dok? Tolong jelaskan dok. Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MD,

CKD (Chronic Kidney Disease) adalah kondisi dimana ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik, atau istilah awamnya terjadi gagal ginjal.

Kondisi CKD ini tidak mendadak terjadi, namun butuh proses bertahun-tahun untuk timbulnya CKD, dan seringkali dialami oleh penderita diabetes atau hipertensi sebagai komplikasinya.

Pada penderita hipertensi, adanya tekanan darah tinggi akan menyebabkan pembuluh darah di sekitar ginjal menyempit dan mengeras, sehingga darah yang masuk ke dalam ginjal akan terbatas. Otomatis nutrisi dan oksigen akan berkurang jumlahnya di dalam ginjal, dan lambat laun ginjal akan mengalami kerusakan.

Bila Anda sudah mengalami gagal ginjal, maka tergantung pada tahap mana kerusakan ginjal Anda. Semakin rusak ginjal Anda, maka Anda memerlukan hemodialisa rutin.

Hemodialisa ini tidak bisa menyembuhkan penyakit Anda, namun hanya menggantikan sementara fungsi ginjal Anda yang sudah rusak untuk menyaring racun-racun dan zat-zat yang sudah tidak digunakan tubuh, namun tidak bisa maksimal seperti fungsi ginjal orang yang masih sehat.

Bila Anda tidak menghendaki hemodialisa, Anda bisa melakukan cangkok ginjal, namun tentunya hal tersebut tidak semudah itu dilakukan, butuh organ donor, yang cocok dengan tubuh Anda, butuh penyesuaian yang cukup lama untuk menerima donor organ tersebut. Dan tentunya pola makan dan pola hidup perlu diperbaiki.

Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialis Ginjal Hipertensi (KGH) untuk penanganan CKD Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Semut Jepang untuk pengobatan disebut-sebut bisa menimbulkan efek plasebo.

Semut Jepang untuk Pengobatan dan Efek Plasebo yang Ditimbulkannya

Beberapa tahun belakangan santer beredar kabar tentang khasiat semut Jepang yang dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Lantas, benarkah ada manfaat makan semut Jepang untuk pengobatan?