Hipersalivasi saat sedang hamil?

IP Info Penanya: IP, Wanita, 2019 Tahun
Dok, kalo hamil itu kira2 kalo masih hipersalivasi cara menghentikanx dgn cara apa?? Oh iaa dok 1 lagi kalo suami mengalami benjolan di kelamin apakah berbahaya bagi ibu hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IPS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Produksi air liur meningkat pada ibu hamil akibat fluktuasi kadar hormon yang tiba-tiba. Terutama saat trimester pertama dan ketiga. Akibatnya membuat timbul mual dan morning sickness yang semakin berat. Beberapa cara untuk mengurangi keluar air liur adalah dengan makan biskuit dan cemilan secara teratur. Bisa juga dengan minum susu atau sirup antasida yang jugal bebas. Bisa juga dengan menambah frekuensi menggosok gigi, mengunyah permen dan banyak minum.

Sedangkan benjolan pada alat kelamin suami bisa saja gangguan kulit biasa seperti jerawat atau kutil. Biasanya tidak berbahaya pada ibu hamil. Yang berbahaya adalah infeksi TORCH (Toxoplasma, Other (Sifilis, Varicella), Rubella, Cytomegalovirus, Herpes). Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan

Amankah Menyusui saat Hamil? Ini Penjelasannya

Hamil lagi setelah melahirkan dapat terjadi pada sebagian orang. Kondisi di mana ibu hamil perlu menyusui bayinya yang masih kecil pun kerap ditemui. Di sisi lain, keamanan menyusui saat hamil masih banyak diperdebatkan.