Bagaimana mengatasi hiperhidrosis?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 20 Tahun
Hay dok saya mau bertanya apakah jika mengendap hiperhidrosis itu berbahaya? saya suda sejak SD merasakan telapak tangan, dan kaki saya berkeringat, dan saat malam kaki saya selalu dingin dengan keringat yang berlebihan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan di mana produksi keringat yang berlebihan yang tidak ada kaitannya dengan aktifitas fisik maupun udara. Kebanyakan membuat gangguan cemas dan dapat menimbulkan infeksi kulit seperti jamur.

Gejala hiperhidrosis adalah munculnya keringat berlebihan di telapak tangan, kaki, ketiak, dan juga bisa seluruh tubuh. Dokter juga akan melakukan anamnesis yang lebih mendalam terkait keluhan terkait keringat berlebihan.

Untuk penanganan di rumah, beberapa cara yang dapat Anda lakukan :

  • Jangan lupa untuk mandi setiap hari, untuk mencegah perkembangan bakteri dikulit, setelah mandi, jangan lupa untuk selalu keringkan di area kulit yang berkeringat
  • Pilih sepatu dan sandal yang nyaman
  • Setiap hari menganti kaos kaki
  • Gunakan baju yang nyaman, sesuai dengan aktifitas
  • Lakukan gerakan relaksasi atau yoga untuk meredakan stres
  • Konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan air putih

Jika gejala hiperhidrosis sangat menganggu, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Dokter akan memberikan terapi obat-obatan, alat penghambat keringat, botox, atau terapi lainnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan dan kaki berkeringat menjadi masalah yang mengganggu

Tangan dan Kaki Berkeringat? Atasi dengan 7 Cara Ini

Apakah tangan dan kaki Anda sering berkeringat? Hal ini tentu bisa sangat menjengkelkan karena bisa mengganggu aktivitas Anda. Namun, terdapat beberapa cara dalam mengatasi tangan dan kaki berkeringat.