Hindiba dan alternatif pengobatan kanker serviks

AB Info Penanya: AB
Ass.wr.wb dokter, ibu saya berusia 57 tahun dan sehari-harinya bekerja sebagai ibu rumah tangga. Dirinya divonis kanker serviks stadium awal. Menolak pengobatan medis, ibu saya menemukan resep sayur hindiba yang dipercaya sebagai obat kanker warisan kedokteran islam. Menurut dokter, seberapa besar keberhasilan sayur hindiba ini memulihkan kondisi penderita kanker serviks? Secara medis, Hindriba ini efektifkah menyembuhkan? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kanker serviks merupakan penyakit yang dimana terjadi pertumbuhan sel-sel ganas pada leher rahim akibat virus HPV 16 dan 18. Terdapat dua jenis kanker serviks yaitu karsinoma sel skuamosa dan adenokarsinoma. Kanker serviks merupakan jenis kanker yang mematikan setelah kanker payudara.

Beberapa faktor yang meningkatkan resiko terkena kanker serviks adalah: bergonta ganti pasangan seksual, hubungan seksual yang terlalu dini, terkena infeksi menular seksual, melemahnya sistem imun, merokok, dan adanya riwayat kanker serviks di dalam keluarga.

Pada kanker serviks stadium awal, pengobatannya biasanya berupa operasi, radioterapi, atau kedua-duanya. Sedangkan pada fase lanjutan, terapinya berupa radioterapi dengan atau tanpa kemoterapi.

Jenis-jenis pengobatan untuk kanker serviks yaitu:

  • Operasi kanker serviks: konisasi, histerektomi total, modifikasi histerektomi radikal, trakelektomi, pengangkatan panggul
  • Terapi radiasi
  • Kemoterapi
  • Terapi tertarget
  • Terapi imun

Sampai saat ini belum ada penelitian secara medis yang mengatakan bahwa sayur hindiba memiliki manfaat yang baik terhadap pengobatan kanker serviks. Untuk itu, disarankan agar ibu Anda tidak hanya mengonsumsi sayur hindiba saja dalam mengobati kankernya. Alangkah baiknya, jika ibu Anda tetap mengikuti pengobatan medis yang sudah disarankan oleh dokter. Atau jika ibu Anda masih ragu, Anda bisa membawa ibu Anda untuk second opinion ke dokter onkologi.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutil kelamin merupakan gejala HPV yang muncul dua hingga tiga bulan setelah virus terjadi.

Kapan Seseorang Bisa Mengalami Gejala HPV Setelah Tertular?

HPV adalah penyakit yang menular lewat hubungan seksual. Gejala HPV tidak muncul segera, namun muncul semacam kutil di area kemaluan atau disebut kutil kelamin.