Hindari makanan ini untuk ibu hamil

KP Info Penanya: KP, Wanita, 23 Tahun
Mau tanya, Dok, makanan atau buah apa saja yang tidak diperkenankan untuk ibu hamil seperti saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu KPU,

Selamat atas kehamilannya ya Bu, memang selama kehamilan semua yang dimakan dan diminum Ibu harus diperhatikan, apakah berguna atau malah berbahaya untuk Ibu dan bayi dalam kandungan.

Berikut ini Daftar Makanan yang pantang dimakan selama kehamilan dan sebaiknya juga tidak dimakan saat menyusui :

  1. Makanan mentah dan setengah matang, seperti telur mentah dan setengah matang, daging mentah, ikan mentah, sayuran mentah dll. Hal ini dikarenakan dalam makanan mentah dan setengah matang, hidup kuman dan bakteri yang akan menyebabkan infeksi berbaya bagi bayi dalam kandungan.
  2. Makanan laut (Seafood) khususnya dari laut yang sudah tercemar seperti kerang hijau dan ikan besar karena mengandung timbal yang berbahaya bagi pertumbuhan otak bayi. Boleh makan ikan kecil seperti teri, dan salmon.
  3. Kopi,minuman beralkohol dan sejenisnya karena kafein dapat menembus plasenta dan mempengaruhi detak jantung dan sirkulasi darah janin dalam kandungan.
  4. Teh herbal yang mengandung rosemary dan raspberry, karena dapat memicu kontraksi kandungan dan menyebabkan perdarahan dan kelahiran prematur.
  5. Susu mentah atau susu murni, karena kemungkinan mengandung bakteri hidup yang berbahaya, sebaiknya minum susu yang sudah dipasteurisasi dan dikemas dalam kemasan yang tepat.
  6. Buah nanas, karena mengandung enzime bromelein yang dapat merangsang kontraksi rahim.

Sebaiknya juga saat kehamilan selalu melakukan kontrol rutin bulanan ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, untuk melihat kondisi ibu dan bayi.

Semoga Ibu dan bayi tetap sehat sampai saatnya melahirkan nanti.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan ternyata berguna untuk membersihkan sistem reproduksi wanita dari sel-sel mati dan bakteri

Keputihan Saat Hamil: Normal atau Tidak?

Keputihan normal terjadi pada masa kehamilan, namun Anda perlu tahu bahwa hal tersebut tidaklah selalu normal. Keputihan normal disebut sebagai leukorea, yang memiliki ciri tipis, bening, serta berbau ringan. Keputihan yang tidak normal, dapat disebabkan oleh infeksi jamur pada vagina.