15 Nov 2021, 18:44Kandungan

Keluar darah setelah berhubungan seks, apakah selaput dara robek?

DH
Info Penanya: DH, Pria, 18 Tahun
Dok, saya baru pertama kali berhubungan seks dengan pacar saya, terus keluar darah setelah 2 hari keluar darah lagi ada ap ya dok?
418 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat malam, DH.Selaput dara atau hymen seringkali menjadi patokan suatu keperawanan seorang wanita. Hal ini karena selaput dara merupakan jaringan tipis yang membatasi vagina dengan muara leher rahim. Umumnya selaput dara memiliki lubang kecil berbentuk bulan sabit, sebagai lubang keluar untuk mengalirnya darah menstruasi. Justru, bila selaput dara tidak memiliki lubang hal ini merupakan kondisi abnormal.Selain berhubungan seks, kondisi yang dapat menyebabkan robek selaput dara adalah olahraga seperti bersepeda, berkuda, yoga.Keluarnya darah setelah berhubungan seks, tidak pasti selalu menandakan hilangnya keperawanan. Karena ada beberapa kasus yang tidak mengeluarkan darah saat hubungan seks pertama kali. Lalu, apa kemungkinan penyebabnya?

Penyebab keluar darah setelah berhubungan seks :

  • Kondisi vagina yang kering karena kurang pelumas atau lubrikan
  • Cedera vagina akibat gesekan alat kelamin
  • Adanya penyakit pada serviks atau mulut rahim
  • Penyakit menular seksual
Istirahat yang cukup, jangan stress atau cemas berlebih, pantau perdarahan yang terjadi dengan menggunakan pembalut, minum parasetamol bila terdapat nyeri. Periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan bila perdarahan tidak kunjung teratasi.Anda juga dapat membaca forum tentang robekan selaput dara dibawah ini :Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
hubungan seksperdarahanrobekan himen vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil