31 Jan 2020, 00:36Kulit & Kelamin

Buah zakar yang hanya turun sebelah, bagaimana penanganannya?

DM
Info Penanya: DM, Pria, 1 Tahun
Halo dok.Saya mau bertanya tenteng hilang nya buah jangkar, setelah sekian lama tapi buah jangkar saya tak kunjung turun ke kantung nya.Tapi kadang turun tpi gk sampai kantung buah jangkar, turun sampi pingir paha saja.Apakah ada penangan khusus Dok di usia saya yg sudah berumur 23 th dan apakan saya bisa mempunyai keturunan.Saya sangat malu sekali dok dengan keadaan saya ini tak mempunyai buah jangkar dan terkadang sayan iri dan minder sama kerabat atu sodara saya.Mohom dok penjelasan nya.
26488 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi DM,Undescendent testis atau kriptorkismus adalah kondisi dimana buah zakar yang hanya 1 atau tidak ada sama sekali karena tidak turun menempati posisi yang seharusnya. Kondisi ini perlu segera ditangani terutama saat masih kanak dimana bisa dilakukan tindakan yaitu orchidopexy yang merupakan operasi untuk menurunkan buah zakar ke kantung buah zakar.Jika sudah berusia 23 tahun, testis atau buah zakar sudah bisa dianggap sebagai benda asing dan sudah bisa rusak karena suhu tubuh tidak sesuai dengan kondisi bagi buah zakar sehingga bisa disarankan untuk dilakukan orchidectomy atau operasi untuk pengangkatan testis tersebut. Karena jika letaknya lebih tinggi misalnya berada di rongga perut belum sampai di kanal inguinal bisa berisiko menjadi kanker.

Lalu apakah masih kriptorkismus masih bisa memiliki keturunan?

Jika ada satu testis yang berada diposisi yang benar bisa membantu dalam produksi hormon seksual. Jadi perlu dilakukan pemeriksaan analisa sperma untuk menilai apakah sperma cukup baik dan bisa membuahi sel telur. Jika kurang baik tapi masih ada produksi bisa diupayakan seperti melalui terapi hormonal, inseminasi buatan ataupun program bayi tabung untuk bisa memiliki keturunan.Untuk itu bisa memeriksakan diri pada dokter ahli andrologi dan dokter ahli urologi untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kelamin laki-lakimasalah reproduksireproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil