Hilang ingatan apa karena kecelakaan?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 16 Tahun
Jadi begini dokter, awalnya saya sangat pintar dalam matematika. Hingga suatu ketika saya mengalami kecelakaan. Setelah kecelakaan itu saya lupa hampir semua hal, termasuk saya lupa dengan matematika, saya juga menjadi lemot ketika belajar matematika, pokonya saya tidak cepat dalam menanggapi soal yang berkaitan dengan hitung menghitung. Berbeda dengan dulu, dulu saya sangat cepat tanggap. Apakah saya mengidap suatu penyakit dokter...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Otak adalah organ yang mengontrol segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh dan reaksi yang muncul pada tubuh, karena selain sebagai pusat berpikir, otak juga berperan untuk mengatur keseimbangan hormon, melakukan koordinasi gerakan, dll.

Penyebab kerusakan otak.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan otak adalah:

  • Cedera atau benturan keras pada kepala. Mungkin cedera tidak tampak dari luar, namun adanya benturan langsung pada kepala bisa menyebabkan otak mengalami pembengkakan atau perdarahan. Biasanya terjadi ketika Anda terjatuh atau mengalami kecelakaan.
  • Stroke. Adanya kerusakan pada pembuluh darah otak bisa mempengaruhi kinerja otak. Baik stroke penyumbatan atau stroke perdarahan semuanya bisa berakibat fatal bagi otak dan organ tubuh yang lain.
  • Pemakaian narkoba dalam jangka waktu panjang akan merusak fungsi otak seperti mengganggu konsentrasi, pelupa, sehingga penggunanya tampak seperti linglung.

Bila Anda merasa ada penurunan daya ingat, atau sulit konsentrasi, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk penanganan lebih lanjut. Dokter akan menyarankan untuk tindakan MRI atau CT scan guna mengetahui apa yang terjadi pada otak Anda paska kecelakaan tersebut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Polyglot adalah istilah dari mereka yang menguasai lebih dari 5 bahasa

Polyglot Adalah Orang yang Menguasai Banyak Bahasa, Ternyata Begini Cara Kerja Otak Mereka

Polyglot adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk berbicara, menulis, membaca dalam 5 bahasa atau lebih. Hal ini tentunya menarik perhatian kita mengenai rahasia mereka dapat mempelajari banyak bahasa. Ternyata rahasianya adalah area otak yang berhubungan dengan bahasa disebut Broca, cenderung unik pada polyglot atau orang yang menguasai banyak bahasa.