Hidup sehat

RW Info Penanya: RW, Pria, 26 Tahun
Hai Dok, bagimana caranya supaya saya bisa hidup sehat? Saya punya kebiasaan merokok saat sedang bosan di kantor.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak R,

Untuk mendapatkan pola hidup sehat, Bapak perlu mempertimbangkan tidak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan jiwa maupun batin. Agar Bapak dapat mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, Bapak dapat memulainya dengan langkah-langkah sederhana seperti di bawah ini:

  1. Tidur dan istirahat yang cukup, yaitu 6 sampai 8 jam setiap harinya. Mulailah untuk tidur malam jam 22.00 dan bangun pagi pada jam 5.30.
  2. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 2 Liter per hari. Bapak juga dapat menambahkan irisan lemon dalam air putih yang diminum sebagai penambah rasa dan bonus vitamin C.
  3. Makan makanan dengan gizi yan seimbang, dengan pola makan 3 kali sehari.
  4. Mulai hari dengan sarapan yang sehat untuk memberikan energi yang cukup untuk tubuh menjalani kegiatan di waktu pagi.
  5. Batasi waktu kerja menjadi maksimal 10 jam dalam sehari, selebihnya tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat supaya dapat pulih kembali.
  6. Jauhi rokok, makanan cepat saji, minuman beralkohol dan lainnya yang dapat merusak kesehatan tubuh.
  7. Berolahraga minimal 3 kali seminggu. Karena olahraga sangatlah penting dalam menjaga keseimbangan tubuh supaya tetap bugar.
  8. Pertahankan buhungan sosial dengan berteman dan bersosialisasi dengan tetangga dan kelompok masyarakat lain dengan baik.
  9. Lakukan rekreasi minimal 3 bulan sekali, untuk memulihkan kesehatan dan kesegaran tubuh dan jiwa.

Langkah-langkah di atas merupakan cara sederhana yang bisa Bapak lakukan untuk mulai mengubah pola hidup agar menjadi lebih sehat. Awalnya mungkin memang akan terasa sulit, namun apabila dilakukan secara rutin, Bapak akan mellihat hasilnya yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat pelukan, baik untuk kesehatan psikologis, maupun kesehatan fisik

Berpelukanlah! Ini Beberapa Manfaat Pelukan untuk Kualitas Hidup Anda

Apakah Anda orang yang suka memberikan pelukan untuk anak, orangtua, pasangan, atau teman dekat? Jika ya, maka Anda termasuk orang yang beruntung. Sebab, ada beragam manfaat pelukan yang bisa Anda dapatkan, baik secara fisik maupun psikologis.