Hidung yang berbau dan cara penanganannya

DR Info Penanya: DR, Wanita, 32 Tahun
Mlm dok..mo tanya dokter..sebulan lalu daun kuping kiri terasa ky kesetrum.geremetan terus.tp sudah tidak lg.tp skrg hidung rasa bau pdhl rajin bersihin..sakit apa dan obatx gimna.trmksh dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DR,

Hidung yang berbau dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

  1. Sinusitis. Penyakit ini menimbulkan bau busuk di hidung karena rongga sinus terinfeksi dan tidak bisa keluar.
  2. Benda asing yang tertinggal di hidung. Adanya benda asing di dalam hidung dapat menyebabkan infeksi dan mengeluarkan bau busuk karena bakteri berkembangbiak di dalam hidung.
  3. Kanker nasofaring. Keluhan lain yang dapat menyertai berupa sering mimisan, telinga berdenging, pusing, hidung tersumbat.
  4. Rhinitis kronik. Hal ini karena faktor-faktor tertentu membuat pilek terus menerus.

Untuk sementara ada hal sederhana yang bisa dilakukan dirumah seperti perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari, perbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari membersihkan hidung terlalu dalam, istirahat secara teratur dan hindari ruangan dengan suhu yang terlalu dingin, gunakan masker saat aktivitas diluar ruangan.

Bila bau hidung semakin mengganggu, muncul darah, atau pusing, segera periksakan diri ke dokter spesialis THT untuk memastikan apa penyebab hidung berbau tersebut agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat, 

dr. Vina

 

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala polip hidung yang paling umum adalah hidung sering mampet, seperti sedang flu

Mengenal Gejala Polip Hidung, Salah Satu Penyebab Sinusitis

Polip hidung adalah benjolan yang tidak bersifat kanker. Namun Anda wajib mengenali gejala polip hidung dan pencegahannya agar tidak mengakibatkan infeksi sinus atau sinusitis.