Hidung tersumbat tak kunjung sembuh dan pada suhu dingin langsung terkena flu, apakah gejala penyakit alergi ?

G Info Penanya: G, Pria, 23 Tahun
Dokter ,. Saya mau bertanyaa, hidung saya tersumbat terus menerus tak kunjung sembuh dan pada suhu dingin saya langsung terkena flu . . . Apakah saya punya penyakit alergi ? Jika penyakit alergi ,. Tolong jelaskan dokter . . . Terimaa kasih dokter . .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, G

Terima kasih atas pertanyaannya.

Dari cerita anda kemungkinan memang alergi dan manifestasinya jadi hidung tersumbat terus menerus. Kondisi ini disebut juga rhinitis alergi mirip dengan flu, seperti hidung berair, mata gatal, hidung tersumbat, bersin dan sakit kepala karena radang sinus. Disebabkan karena respon tubuh terhadap alergen seperti udara dingin, debu, bulu binatang, tungau rumah, serbuk bunga, atau polusi udara.

Gejala lain selain hidung berair dan tersumbat, bisa juga mata merah, gatal atau berair. Bisa juga bersin-bersin, batuk dan tenggorokan gatal. Biasanya kulit di bawah mata terlihat bengkak dan gelap. Serta tubuh anda mudah merasa lelah.

Untuk memastikan diagnosanya, sebaiknya anda dievaluasi langsung dengan Dokter Spesialis THT agar mendapat terapi yang tepat. Karena pilek dan hidung tersumbat yang kronis bisa saja gejala penyakit lain. Anda bisa menyimaknya di artikel pada link yang saya berikan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masuk angin biasanya dirasakan ketika seseorang terkena virus dan merasa tidak enak badan

Cara Mengatasi Masuk Angin yang Tepat? Dengarkan Sinyal Tubuh Anda

Perut kembung, mual, demam, dan tidak enak badan merupakan gejala masuk angin. Cara mengatasi masuk angin berakar dari bagaimana Anda mendengarkan sinyal dari tubuh.