Hidung tersumbat selama setahun, bukan gejala flu.

SN Info Penanya: SN, Pria, 2019 Tahun
saya mau tanya dok. hidung saya mampet sebelah kadang yg kiri kadang yg kanan. padahal saya tidak flu ataupun sakit yg lain. ini udah hampir setahun kenapa ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SN

Hidung tersumbat lebih dari beberapa hari bukan lagi kategori flu. Untuk gejala kronis antara sinusitis (radang sinus) atau alergi. Gejalanya serupa namun pemicu dan terapinya berbeda.

Pada alergi, saluran hidung dan sinus membengkak karena berusaha mengeluarkan alergen. Bisa berupa debu, jamur, bulu binatang atau serbuk bunga. Sedangkan sinusitis berkembang dari alergi atau pilek yang kadang disertai bakteri dan menyebabkan infeksi. Karena radang di hidung mengakibatkan ingus tidak bisa keluar dan akhirnya menyebabkan infeksi dan nyeri. Pada penderita alergi, rongga hidung dan sinus mudah bengkak ketika anda menghirup allergennya. Gejala lainnya bersin-bersin, hidung mengalir, mata gatal / berair dan nafas berbunyi.

Pada sinusitis, ingus akan lebih kental dan berwarna, terasa nyeri di dahi, mata atau pipi. Kadang ada sakit kepala, nyeri gigi, bau nafas, batuk dan sakit tenggorokan. Anda juga bisa merasa mudah lelah dan demam.

Untuk mengatasinya anda sebaiknya konsultasi dengan Dokter untuk diberikan terapi yang sesuai. Obat umum yang digunakan adalah untuk mengurangi reaksi alergi, kekentalan cairan hidung dan peradangan. Ada yang dalam bentuk semprot hidung untuk hidung tersumbat, baiknya digunakan selama 3 hari saja. Bila curiga karena infeksi maka perlu diberikan antibiotik juga. Sebagai pencegahan anda bisa menggunakan pelembab ruangan, kompres hangat atau cuci dengan air garam.

Semoga saran saya membantu,

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat pada bayi bisa diatasi dengan banyak cara, salah satunya dengan membuang lendir dari hidung

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi agar Bisa Tidur Nyenyak

Hidung tersumbat akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada bayi. Hal ini akan membuat bayi sulit tidur dengan nyenyak dan kehilangan nafsu makan. Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, dapat dilakukan dengan membuang lendir pada hidung secara berkala.