Hidung mampet, dan sering mengeluarkan bau kenapa ya?

AT Info Penanya: AT, Pria, 25 Tahun
Sudah Bbrapa Thn ini Hidung Saya Mampet Sebelah,,Trkadang Mngeluarkan bau yg tdk sedapKira²penyakit apa&apa solusinya.Tetimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,

Terimakasih atas pertanyaan anda di SehatQ.

Hidung sering tersumbat dan disertai bau tidak sedap biasanya di sebabkan karena adanya sumbatan pada hidung, sehingga lendir yang tersumbat akan menggumpal dan menyebabkan bau. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa penyakit, diantaranya :

  • sinusitis
  • infeksi saluran nafas
  • rhinitis alergi
  • polip hidung
  • tumor atau keganasan

Penyebab paling sering menimbulkan bau tidak sedap pada hidung adalah sinusitis. Sinustis adalah inflamasi atau peradangan pada rongga sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus berfungsi sebagai menghasilkan lendir atau mukus yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain dalam udara yang di hirup, selain itu sinus juga berfungsi untuk membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru.

Gejala sinusitis :

  • Hidung tersumbat dan bau tidak sedap
  • Nyeri pada bagian wajah
  • Pembengkakan di sekitar mata
  • Menurunnya fungsi indera penciuman
  • Kotaran hidung bewarna kuning kehijauan

Pengobatan sinusitis dapat diatasi dengan obat-obatan seperti (antibiotik, steroid hidung, dekongestan, obat pereda nyeri) namun bisa dilakukan juga pembersihan dengan cairan saline (air garam) untuk mengurangi lendir dan membilas sinus. Namun dalam kasus yang lebih parah sinusitis harus ditangani dengan operasi.

Pencegahan sinusitis bisa dilakukan dengan cara membersihkan hidung setiap hari, minum air putih yang banyak, menghirup uap hangat, hindari lingkungan yang kering, tidur dengan kepala terangkat.

Anda dapat berkonsultasi pada dokter spesialis THT terdekat. untuk mendiagnosis suatu sinusitis dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti (rongent) atau pemeriksaan lainnya, untuk melihat penyebab dari kondisi yang Anda alami.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.