hidung tersumbat disertai lendir dari hidung dan mulut berwarna putih kuning hijau dan terkadang coklat

KE Info Penanya: KE, Wanita, 2019 Tahun
Dok syaa ingin bertanya, saya sudaa kurang lebih 3minggu mengalami ini. Saya tidak batuk dan tidak flu tetapi hidung saya tersumbat dan saya memiliki lendir dari hidung juga dari mulut. Lendir ini berubah warna putih kuning dan hijau terkadang coklat dok. Saya bingung mau meminum obat apa karna saya tidak merasa batuk dan juga tidak sedang pilek. Saya tinggal di Pekanbaru,Riau. Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamt malam KE

Kondisi hidung tersumbat dapat disebabkan oleh hambatan atau obstruksi didalam hidung, penyebab tersering diantaranya radang mukosa hidung atau rhinitisi akibat infeksi bakteri, reaksi alergi. Kondisi lain yang menyebabkan hidung tersumbat adalah polip hidung, pembesaran konka hidung, adanya tumor hidung dan radang sinus atau sinusitis. 

Jika terdapat pengeluaran lendir putih kuning hijau dan coklat menandakan adanya infeksi bakteri pada hidung.

Saya sarankan anda harus berkonsultasi dengan dokter telinga hidung tenggorokan untuk menjalani endoskopi hidung melihat penyebab sumbatan hidung apakah ada infeksi, obstruksi akibat polip dan konka yang membesar.

Untuk tatalaksana di rumah anda saya sarankan untuk istirahat, hindari stress, hindari minuman dingin, hidari debu, relaxasikan hidung dengan inhaler hidung. Untuk hidung tersumbat biasanya diberikan dekongestan oral maupun lokal, pada beberapa kondisi juga diberikan kortikosteroid dan antibiotik oleh dokter THT.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tetapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

Hidung Tersumbat, tapi Tidak Pilek? Mungkin Anda Kena 7 Penyakit Ini

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau fiu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. 7 penyakit ini sebabkan hidung tersumbat tapi tidak pilek.