Hidung tersumbat dan ingus menggumpal pada pengguna sabu

H Info Penanya: H, Pria, 34 Tahun
Dokter.. Teman saya pengguna aktif sabu dia bilang tiap habis menggunakan sabu itu di dalam hidung nya banyak ingus yg menggumpal dan sulit di keluarkan.. Apakah itu termasuk salah satu dr akibat sabu tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, H

Pada pengguna narkoba, sabu dapat menyebabkan banyak hal yang merusak tubuh. Pada hidung, sabu yang di hirup dapat memicu kerusakan pada hidung, terjadi peradangan dan kematian sel mukosa hidung yang pada akhirnya membuat hidung tersumbat, selain itu jaringan di hidung mengeras dan pembuluh darah hidung juga dapat rapuh yang dapat memicu perdarahan.

Selain itu, penggunaan sabu dapat menyebabkan kerusakan otak sehingga berhalusinasi, paranoid, gangguan pola tidur. Fungsi jantung dan paru juga dapat mengalami penurunan dengan gejala dada berdebar sesak nafas dan cepat lelah serta resiko infeksi. Pengguna narkoba juga memiliki resiko dengan infeksi HIV. 

Saya sarankan untuk menghindari narkoba segera karena dapat merusak tubuh, masa depan. Konsultasikan dengan balai rehabilitasi untuk pengguna narkoba agar dapat di obati. 

Salam sehat

dr. Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek sabu dapat berupa kerusakan otak, gangguan jantung, masalah mulut, hingga kematian

Dapat Merusak Otak, Ini Sederet Efek Sabu yang Perlu Anda Ketahui

Kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu, yang melibatkan komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung, menambah panjang daftar figur publik yang tersandung masalah serupa. Sabu memang dapat menjadi stimulan dan memberikan sensasi menyenangkan. Walau begitu, efek sabu dapat merusak tubuh, mengganggu mental, hingga kematian.