Hidung tersumbat dan bergantian, apakah ada hubungannya dengan tidur yang menghadap kiri/kanan

IP Info Penanya: IP, Pria, 23 Tahun
Mau tanya dok kenapa hidung saya selalu tersumbat sebelah dan biasanya bergantian antara kanan dan kiri apakah ada hubungannya dengan tidur yang menghadap kiri atau kanan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IP

Hidung tersumbat berulang kali disebabkan beberapa faktor. Bisa dari hidung anda yang sensitif terhadap alergen tertentu seperti debu, asap, bulu binatang, serbuk tanaman dan lainnya. Sehingga hidung anda memberi respon dengan mengeluarkan lendir, bersin-bersin dan pada akhirnya tersumbat. Hidung tersumbat lebih sering bergantian agar penderitanya masih dapat bernapas melalui hidung. Pada kasus yang berat akan tersumbat keduanya.

Pastikan diri anda menghindari zat penyebab alergi terutama bila memang ada riwayat alergi. Jadi anda harus stop merokok, menghindari asap, debu atau polusi udaranya lainnya. Anda juga dapat menghangatkan tubuh anda dengan berolahraga atau banyak minum minuman hangat agar lendir lebih encer dan mudah dikeluarkan. Lendir yang tidak dikeluarkan dapat tertempel bakteri dan akhirnya mengakibatkan infeksi dan radang.

Anda juga dapat menggunakan pelembab ruangan agar udara yang dihirup tidak kering. Karena udara kering mengakibatkan kulit bagian dalam hidung menjadi kering dan banyak mengeluarkan ingus. Serta anda juga dapat banyak minum air putih dengan tujuan mengencerkan lendir di hidung.

Bila keluhan tidak membaik sebaiknya kontrol langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hidung Tersumbat, tapi Tidak Pilek? Mungkin Anda Kena 7 Penyakit Ini

Pilek Menahun Tak Kunjung Sembuh, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Lain

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat antivirus bisa digunakan untuk mengatasi flu

Mengobati Flu dengan Obat Antivirus, Benarkah Efektif?

Ada beberapa jenis obat antivirus yang dinilai efektif untuk mengobati flu, seperti zanamivir dan peramivir. Namun, obat ini tidak bisa digunakan secara bebas dan harus melalui resep dokter.