Hidung tersumbat akibat alergi dingin

M Info Penanya: M, Wanita, 25 Tahun
Hai Dokter, Saya ingin bertanya. Ketika terkena udara dingin hidung saya mampet, lalu kalau saya coba buang ingus tidak ada. Apakah itu alergi dingin? Terkadang juga rekan saya tidak merasa dingin, namun kaki dan tangan saya dingin. Apa penyebab sebenarnya ya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hai Ibu M,

Hidung tersumbat saat udara dingin mungkin saja disebabkan oleh alergi, namun seringkali disebabkan karena respon normal dari hidung. Karena salah satu fungsi hidung untuk mengatur kelembaban udara yang dihirup untuk diteruskan ke paru-paru. Untuk fungsi ini hidung didukung oleh bentuk anatominya. Kondisi yang Ibu keluhkan lebih ke arah kondisi normal saja.

Bila hal ini tidak disertai dengan keluhan berat lainnya yang mengganggu seperti batuk dan sesak napas, perasaan panik saat menarik napas dll, maka sebaiknya keluhan ini tidak menjadi beban pikiran Ibu .

Untuk perasaan dingin mungkin disebabkan karena respons tubuh terhadap suhu lingkungan, dapat diatasi dengan memakai jaket dan sarung tangan atau minum minuman hangat.

Kami juga sarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan teratur, hidup sehat, dan konsumsi tambahan Vitamin C 500mg sekali sehari secara rutin.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Syok termasuk kondisi darurat medis yang bisa berakibat fatal apabila dibiarkan dan berpotensi kematian

Kenali 4 Jenis Syok yang Bisa Mengancam Nyawa Anda

Syok adalah kondisi darah dan oksigen tidak cukup mengaliri organ dalam tubuh. Ada beberapa gejala seperti nyeri dada. Syok memiliki 4 jenis yang berpotensi kematian. Kenali gejala dan jenis syok agar Anda lebih waspada. Larikan penderita syok ke unit gawat darurat untuk mendapat penanganan sesegera mungkin.