Apa penyebab hidung suka mampet sehabis bangun tidur?

T Info Penanya: T, Pria, 24 Tahun
Halo dok, saya hampir tiap hari sehabis bangun tidur mengalami pilek dan hidung mampet sebelah, itu karena apa ya dok? thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HB, 

Terima kasih untuk pertanyaannya.

Ada beberapa penyebab hidung yang tersumbat sebelah:

1. Polip hidung

Polip adalah daging yang tumbuh, tapi bersifat non-kanker. Bagian dalam hidung juga bisa menjadi lokasi pertumbuhannya. Kondisi ini dikenal dengan istilah polip hidung.

Pertumbuhan abnormal tersebut umumnya tidak membahayakan. Namun jika ukurannya terus membesar dan tidak ditangani, polip hidung bisa menyumbat hidung dan jalan napas.

2. Kelainan pada septum

Septum adalah dinding yang memisahkan lubang hidung kiri dan kanan. Bila ada kelainan pada struktur septum, gangguan pernapasan, seperti hidung mampet, pun bisa terjadi. Contoh kelainan ini meliputi pegeseran atau pembengkokan septum.

Dalam dunia medis, kelainan tersebut dikenal dengan istilah deviasi septum. Pada kondisi yang parah, deviasi septum membutuhkan operasi untuk mengoreksi kelainan yang terbentuk agar jalur napas penderita bisa kembali normal.

3. Alergi

Meski sama-sama menyebabkan hidung beringus atau mampet, alergi biasanya terjadi karena ada faktor eksternal yang menjadi pemicu alergi (alergen). Mulai dari makanan, minuman, polusi, bulu hewan, maupun jamur.

Alergi bisa berlangsung lama, namun tidak menular seperti hidung tersumbat pada penderita flu. Kondisi ini merupakan reaksi sistem imun tubuh terhadap suatu organisme atau benda asing yang masuk ke tubuh dan dianggap berbahaya.

Ada beberapa cara untuk melegakan sumbatan hidung:

  • Menjaga kelembapan ruangan untuk menjaga hidung tidak kering
  • Menambah bantal agar posisi kepala lebih tinggi
  • Menggunakan semprotan hidung berisi saline
  • Mandi air hangat atau minuman hangat

Namun jika masih terus berlangsung, periksakan ke dokter THT untuk memastikan penyebabnya ya. Semoga lekas sehat.

 

dr. Anandika

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat penyedot atau aspirator dapat digunakan untuk mengangkat lendir jika hidung bayi tersumbat

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi agar Bisa Tidur Nyenyak

Hidung tersumbat pada bayi merupakan hal yang umum. Kondisi ini dapat ditangani dengan menggunakan alat penyedot lendir, atau dengan kapas dan air hangat,