24 Mar 2020, 03:27Pernapasan

Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat?

I
Info Penanya: I0
Hallo dok sebelumnya saya kena batuk dan pilek. Namun setelah batuknya sembuh hidung bagian pangkal sebelah kanan jdi tersumbat dan susah mengeluarkan lendir. Disamping itu saya merasakan lendir cair kearah dalam tenggorokan sehingga membuat tenggorokan tidak nyaman seperti ada yg mengganjal tpi tidak dapat dikeluarkan. Hal ini terjadi bukan hanya ketika saya berbaring namun ketika posisi duduk sehingga sangat mengganggu istirahat saya. Bagaimana cara mengatasinya ya dok?
27023 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang I,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Hidung tersumbat bisa terjadi pada satu atau kedua sisi hidung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam hal. Salah satunya adalah pembengkakan jaringan dan pembuluh darah di rongga hidung saat mengalami alergi. Selain itu beberapa penyakit yang dapat menimbulkan hidung tersumbat seperti pilek, flu, iritasi dan sinusitis.

Untuk mencegah hidung tersumbat Anda bisa mengatasinya dengan cara :

  • Memperbanyak air putih
    Hal ini dapat membantu mengencerkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tidak kering. Selain air putih, Anda juga bisa minum teh hangat, air jahe hangat, dan jus buah segar.
  • Menghirup uap hangat
    Uap hangat bisa dihirup dari air yang sudah dimasak, namun hati-hati hirup secara perlahan atau menggunakan humidifier.
  • Tidur dengan bantal yang lebih tinggi
    Tidur dengan 2 bantal di kepala dapat menjaga posisi kepala lebih tinggi sehingga dapat melegakan pernapasan dan meredakan hidung tersumbat.
Jika dengan cara-cara di atas keluhan hidung tersumbat Anda belum membaik, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
fluhidung tersumbatsesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil