02 Dec 2020, 20:49Pernapasan

Hidung mengeluarkan cairan bening

NA
Info Penanya: NA0
Dok,kenapa hidung bisa mengeluarkan cairan bening secara tiba2 walaupun tidak sedang flu Obatnya apa dan penyakit apa ya?
180 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NA,Hidung berair adalah gejala yang bisa terjadi karena beberapa penyebab. Jika terjadi secara mendadak bisa disebabkan oleh reaksi alergi, peradangan pada hidung, paparan zat tertentu ataupun karena kemungkinan lainnya.

Rhinitis vasomotor, penyebab hidung berair mendadak

Salah satu yang bisa menjadi penyebabnya adalah rhinitis, yaitu peradangan pada bagian dalam hidung. Rhinitis sendiri ada beberapa jenis yaitu bisa karena alergi ataupun non alergi. Jika hidung berair mendadak bisa juga merupakan gejala rhinitis non alergi atau istilahnya rhinitis vasomotor.Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa faktor yang membuat pembuluh darah dalam hidung membesar seperti:
  • Perubahan cuaca yang mendadak
  • Asap rokok
  • Mengalami infeksi
  • Efek obat
  • Perubahan hormon
  • Masalah emosi
  • Paparan alkohol
Rhinitis vasomotor sendiri tidak bisa dipastikan apa penyebab utamanya, jadi bisa berulang kambuh. Untuk itu perlu diperhatikan apa yang menjadi penyebabnya dan hindari. Bisa redakan gejala dengan minum obat antihisatamin seperti chlorphenireamine maleat atau juga bisa menggunakan obat tetes hidung untuk melegakan saluran hidung. Periksakan pada dokter atau dokter spesialis THT untuk memastikan penyebabnya agar dilakuakn penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
pilekhidung tersumbatrhinitis non-alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil