30 Jun 2021, 01:17Pernapasan

Hidung perih dan indera pengecapapan hilang.

FR
Info Penanya: FR0
Halo dok, saat ini hidung saya perih seperti kemasukan air ketika bernafas dan saya tiba-tiba tidak bisa merasakan makanan yang masuk tapi masih bisa mencium wangi, gimana solusinya ya?
303 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi FR,Hidung yang terasa perih mungkin saja terjadi akibat adanya bagian hidung yang lecet ketika membersihkan hidung. Sedangkan keluhan indera pengecapan yang menghilang tentu perlu diwaspadai terlebih di tengah pandemi corona seperti sekarang ini.Perihal hilangnya indera pengecapan bisa terjadi akibat kondisi daya tahan tubuh yang menurun, lidah yang terbakar saat makan atau minum minuman yang panas, atau memang gejala awal corona. Karena seperti yang diketahui bahwan angka penularana corona saat ini sedang tinggi dan banyak sekali korbannya.

Penanganan terhadap keluhan hidung perih dan indera pengecapan yang hilang:

  • Hidung jangan dikorek-korek. Sediakan baskom isi dengan air panas dan beri sedikit garam kemudian hirup uap panasnya untuk melembapkan hidung.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Banyak berbaring istirahat.
  • Berjemur setiap pagi.
  • Minum suplemen multivitamin.
Yang utama adalah naikkan daya tahan tubuh Anda dan lakukan pemeriksaan swab antigen untuk deteksi dini terhadap adanya virus corona. Semakin cepat ditangani akan semakin baik hasilnya.Salam sehat,dr. Vina
infeksi virusradang lidahcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil