Hidung mampet saat berbaring

AR Info Penanya: AR, Pria, 23 Tahun
Permisi dok, saya kalau berbaring misalnya mau tidur selalu mampet kenapa ya dok. Padahal tidak pilek. Tp kaya selalu ada ingus yg nyumbat dok. Kalau saya bawa jalan dulu, baru plong
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Terimakasih sudah bertanya di SehatQ.

Hidung tersumbat terjadi karena jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung menjadi bengkak karena adanya cairan berlebih, kadang disertai keluarnya ingus. Penyebabnya sendiri bisa karena peradangan pada dinding hidung yang disebut rhinitis, infeksi rongga sinus atau sinusitis, adanya jaringan lunak di hidung yang disebut polip hidung, reaksi alergi dan lainnya.

Pengobatan hidung tersumbat bisa dengan dekongestan atau antihistamin oral (minum). Lebih ampuh lagi disertai dengan obat semprot hidung yang diformulasikan untuk hidung tersumbat. Anda juga bisa menggunakan air garam untuk membersihkan saluran hidung atau air purifier dan gunakan masker saat bepergian agar mengurangi pencetus hidung berair yang timbul. Periksakan pada dokter spesialis THT jika keluhan tidak membaik ataupun makin mengganggu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr Maria Ignasia Tjahyadi, M.Kes

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala polip hidung yang paling umum adalah hidung sering mampet, seperti sedang flu

Mengenal Gejala Polip Hidung, Salah Satu Penyebab Sinusitis

Polip hidung adalah benjolan yang tidak bersifat kanker. Namun Anda wajib mengenali gejala polip hidung dan pencegahannya agar tidak mengakibatkan infeksi sinus atau sinusitis.