19 Feb 2021, 01:00Pernapasan

Hidung mampet pada bayi apa obatnya?

IW
Info Penanya: IW0
Dok saya mau tanya, anak saya baru usia 40 hari dengan berat badan 4400gram. Nah dia mengalami hidung tersumbat sudah hampir mau 2 minggu, untuk tindakan atau obatnya apa ya dok? terimakasih
272 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore IW,Bayi kecil yang sakit tentu akan menimbulkan kecemasan bagi orang tua, terlebih kondisi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Pada beberapa orang enggan melakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit atau klinik karena takut akan tertular virus corona. Sehingga berbagai upaya sederhana dilakukan sebagai pengobatan awal di rumah untuk mengatasi hidung tersumbat.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi bayi Anda yang mengalami hidung tersumbat adalah:

  • Sediakan baskom dan isi dengan air panas yang sudah diberi sedikit garam. Arahkan atau posisikan bayi agar bisa menghirup uap panasnya.
  • Jemur bayi setiap pagi dalam kondisi tidak menggunakan baju dan tepuk-tepuk punggungnya untuk membantu mengencerkan dahaknya.
  • Oleskan minyak telon pada area dada dan punggung untuk menghangatkan.
  • Berikan ASI atau susu lebih banyak.
  • Berikan multivitamin drop yang bisa Anda beli di apotik.
Untuk peresepan obatnya tentunya perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu mengingat bayi Anda masih berusia 40 hari. Tidak bisa sembarangan memberikan obat untuk bayi kecil tanpa pemeriksaan. Lakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk penanganan lebih lanjut karena keluhan yang anak Anda alami sudah berlangsung hingga 2 minggu.Salam sehat,dr. Vina
bayi pilekpilekhidung tersumbat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil