04 Jun 2020, 02:44Pernapasan

Apa penyebab dari bersin yang tak kunjung berhenti?

S
Info Penanya: S, Pria0
Malam dok, saya salsa umur 20 tahun. setiap hari saya selalu mengalami bersin2, pilek, hidung mampet. Tiap mau tidur hidung saya mampet tapi juga mengeluarkan ingus cair dan bersin2 yg ga bisa berhenti. Skrg ditambah leher sakit, kepala pusing. Saat tdr hidung ttep mampet, sgt mengganggu tdr saya dok. Juga setiap bangun tdr, bersin2 gabisa berenti. Slalu sedia tisu saat tidur. Ga kenal waktu dok kondisinya slalu spti itu. Sudah berjalan setahun lebih dok. Bagaimana ya dok? Trimakasi
10586 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat sore, S. Hidung yang terasa gatal akan memicu terjadinya bersin. Jika bersin datang terus menerus tentunya akan sangat mengganggu.

Berikut ini merupakan kemungkinan penyebab dari bersin yang terus menerus:

  • Rinitis Alergi. Kondisi yang terjadi saat tubuh bereaksi terhadap paparan alergi. Biasanya berupa jamur, debu, atau tungau. Bersin-bersin pada pagi hari diduga merupakan reaksi tubuh terhadap alergi berupa tungau atau debu pada kasur saat kita tidur. Rinitis alergi dapat terjadi berulang kali.
  • Udara kering. Udara kering akibat AC dapat membuat lapisan hidung menjadi kering. Lapisan hidung yang kering tidak dapat menahan benda asing masuk sehingga mudah terkena paparan alergen. 
  • Sinusitis. Peradangan pada sinus hidung memicu produksi lendir yang berlebihan sehingga membuat Anda menjadi pilek dan bersin-bersin. Namun biasanya lendir atau pilek pada sinusitis lebih kental.

Untuk menghindari bersin-bersin pada pagi hari, Anda dapat melakukan:

  • Ganti sprei, sarung bantal dan guling rutin setiap minggu atau bulan untuk menghindari adanya tungau atau debu yang menempel.
  • Usahakan cuci dan jemur bantal, guling atau kasur Anda di bawah sinar matahari terik untuk membunuh tungau-tungau yang menempel.
  • Gunakan pelembab udara untuk menghindari hidung kering.
  • Kondisikan kamar harus bersih dari debu.
  • Selalu gunakan masker jika bepergian.
Bersin-bersin pada pagi hari bukanlah merupakan kondisi yang membahayakan. Namun, hal ini dapat berulang terus menerus. Hindari paparan alergen untuk mengurangi gejala tersebut. Jika bersin tetap tidak kunjung membaik segera konsultasikan dengan dokter spesialis THT untuk memastikan penyebabnya.Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr.Sri Wulantini
alergi dinginbersinrhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil