25 Jan 2021, 20:36Infeksi

Mengapa hidung berbau dan lendir kekuningan?

GH
Info Penanya: GH0
Selamat malam dok, kenapa hidung saya kalau pagi2 bangun tidur suka terasa bau dan keluar nanah, terus kalau nunduk terjadinya ketika harus memakai masker, sudah saya periksa katanya infeksi dari gigi, sudah di ronsen dan gigi di cabut beberapa minggu kambuh lagi hidung mengeluarkan nanah dan bau
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, GHTerima kasih atas pertanyaannya.Mencium bau wajar karena merupakan fungsi dari indra penciuman.  Namun, jika mencium bau dari dalam hidung sendiri hal tersebut merupakan penanda adanya gangguan pada hidung. 

Penyebab hidung berbau :

  • Sinusitis. Infeksi bakteri, virus, ataupun jamur dapat menyebabkan peradangan pada sinus.  Selain bau pada hidung, akan timbul nyeri pada daerah bawah mata, atas mata, dekat hidung serta lendir kental berwarna hijau kekuningan.
  • Polip hidung. Polip merupakan pertumbuhan jaringan jinak pada mukosa hidung. Kondisi ini dapat timbul akibat peradangan yang kronis didalam hidung.  Ketika benjolan kecil maka tidak menimbulkan gangguan namun jika sudah membesar akan menyumbat rongga hidung sehingga menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri pada wajah.
  • Infeksi pada gigi.
  • Gangguan pada amandel.
Bila infeksi pada gigi sudah teratasi namun keluhan tidak membaik, anda dapat periksakan ke dokter spesialis THT guna dilakukan pemeriksaan kembali untuk melihat apakah terdapat infeksi atau kondisi lanjutan pada rongga hidung. Sementara ini, jaga asupan makanan sehat dan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, cuci hidung menggunakan larutan saline, hirup uap hangat pada baskom yang diisi air hangat, serta perbanyak minum air putih.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
sinusitisinfeksi saluran pernapasanpolip hidung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil