26 Dec 2020, 16:43Pernapasan

Penyebab hidung bernanah dan berbau busuk

FG
Info Penanya: FG0
Knpa tiba² hidung saya bernana dan bauk busuk dok
751 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, FG.Hidung merupakan salah satu organ penciuman dan organ yang dapat menyalurkan udara baik ke dalam saluran nafas atau mengeluarkannya dari paru-paru. Organ hidung yang terbuka dan dipakai secara terus menerus, dapat menyebabkan masuknya benda asing, bakteri, virus, dan kuman sehingga terjadi infeksi saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan terutama bagian atas yang tidak ditangani secara baik, membuat benda asing, bakteri, virus, dan kuman ini dapat masuk ke saluran nafas bawah maupun rongga sinus yang menyebabkan sinusitis.

Penyebab hidung bernanah dan berbau busuk

Penyebab hidung bernanah dan berbau busuk salah satunya karena penumpukan bakteri pada saluran nafas, memberikan sinyal kepada tubuh untuk mengeluarkan sel darah putih, dan terjadi perlawanan antara bakteri dan sel darah putih. Jumlah bakteri yang lebih banyak, menyebabkan infeksi terus ada yang menimbulkan nanah dan bau busuk pada hidung. Selain itu penyebab hidung bernanah dan berbau busuk antara lain :
  • Benturan yang menyebabkan luka pada hidung.
  • Polip hidung menyebabkan fungsi penyaring udara di hidung menjadi terganggu.
  • Penyempitan saluran nafas oleh pembengkakan mukosa hidung akibat batuk dan pilek.
  • Bakteri yang terjebak di dalam rongga sinus.
  • Infeksi saluran nafas atas dan bawah yang tidak ditangani secara baik.
  • Infeksi pada telinga tengah dapat menyebabkan kuman masuk dan menginfeksi hidung.
Keluhan hidung bernanah dan berbau busuk yang Anda alami harus diperiksa di dokter spesialis THT menggunakan spekulum maupun pemeriksaan fisik dan rontgen. Dokter akan mencari tahu penyebab dan mengatasinya. Jika penyebabnya merupakan infeksi, maka dokter akan memberikan obat antibiotik. Jika penyebab adalah infeksi di telinga, maka infeksi harus segera ditangani. Pasien dengan sinusitis yang luas, dapat disarakan untuk operasi yang bertujuan mengeluarkan infeksi di rongga sinus. Untuk itu, selalu jaga kesehatan dan kebersihan organ hidung, mulut, serta telinga Anda.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasanpolip hidungsinusitis kronis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil