23 Jun 2020, 09:41Pernapasan

Hidung tersumbat dan berbau tapi tidak flu, gejala apakah itu?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya ingin bertanya. Saya tidak mengalami flu, tapi tadi pagi hidung saya tersumbat dan berbau busuk dan hidung saya nyeri sampai ke kepala dok. Saya sering begini dari kecil dok kalau sudah musim angin. Apa yg harus saya lakukan dan obat apa yg harus saya minum dok? Selama ini saya minum trifed Syrup aja dok.
10382 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, A.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Hidung tersumbat tanpa disertai dengan flu merupakan gejala yang tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas. 

Penyebab hidung tersumbat tanpa flu

Ada beberapa penyebab hidung tersumbat tetap tidak flu, yaitu:
  • Alergi. 
  • Rhinitis alergi. 
  • Polip hidung
  • Paparan senyawa kimia. 
  • Sinusitis kronis. 
  • Kelainan pada septum.
Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, kemungkinan penyebabnya karena salah satu kondisi diatas. Namun, jika dilihat dari gejalanya, kemungkinan Anda menderita sinusitis kronis. Sinusitis kronis adalah peradangan pada rongga hidung dan sinus yang sudah berlangsung selama kurang lebih 12 minggu. Gejalanya yaitu hidung tersumbat, sakit pada kepala, nafas berbau, kelelahan, dan batuk. Untuk pengobatannya, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik. Sebaiknya, untuk memastikannya kembali, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis THT sehingga Anda mendapatkan terapi yang sesuai. Saat ini, yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluahan Anda yaitu menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban udara, menambah bantal saat posisi tidur, mandi dengan air hangat, mengkonsumsi minuman yang hangat, dan menggunakan semprotan hidung yang berisi air saline.  Salam sehat,dr. Ester
hidung tersumbatpolip hidungsinusitis kronis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil