Apakah yang dapat menyebabkan kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Selamat malam dok, saya ingin bertanya, kami tidak melakukan hubungan intim dok, hanya di luar vagina nya,tapi vaginanya terkena sperma dok, beberapa jam kemudian dia datang haid dok dan dia masih perawanPertanyaannya apakah bisa hamil wanita tersebut dok,walau dia masih perawanTerimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Meskipun kehamilan banyak dinantikan oleh pasangan, namun ada juga beberapa pasangan yang ingin menunda karena adanya alasan tertentu. Kehamilan dapat terjadi ketika adanya sel sperma peria bertemu dengan sel telur wanita. Sel sperma pria ini dikeluarkan dari tubuh pria ketika pria sedang melakukan ejakulasi. Sedangkan sel telur wanita berada di dalam organ reproduksi wanita.

Untuk mendukung terjadinya proses kehamilan soerang pria perlu melakukan ejakulasi di dalam vagina dengan tujuan untuk memudahkan sel sperma tersebut bertemu dengan sel telur yang nantinya akan menjadi calon janin. Selain itu, perlu dilakukan hubungan seksual pada saat wanita sedang memasuki masa suburnya. Untuk dapat mengetahui masa subur seorang wanita, harus diketahui terlebih dahulu siklus haid dari wanita tersebut.

Perlu diketahui bahwa sebanyak apapun sel sperma yang keluar saat dilakukan ejakulasi oleh pria, hanya akan ada 1 sel sperma yang akan bertemu dengan sel telur. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa 1 sel sperma dapat menyebabkan kehamilan bilamana, sel sperma tersebut merupakan sel sperma dengan kualitas yang baik.

Terkait dengan adanya perdarahan setelah dilakukan hubunagn seksual, perlu dipastikan bahwa perdarahan tersebut merupakan perdarahan haid, ataukah adanya perdarahan akibat dari adanya luka saat melakukan hubungan seksual. Apabila siklus haid selanjutnya terlambat, bisa melakukan tes kehamilan untuk dapat memastikannya.

Konsumsi makanan sehat bergizi, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, gunakan alat kontrasepsi bila ingin menunda kehamilan dan periksalah ke dokter spesialis kandungan terdekat bila terdapat keluhan terkait kehamilan atau keluhan terkait sistem reproduksi wanita.

Semoge bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rahasia ilmiah dibalik seks enak

Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah, Ini Alasan Mengapa Seks Enak

Bagi yang penasaran mengapa seks enak, ternyata secara ilmiah ada banyak alasannya. Saat melakukan hubungan seksual mulai dari foreplay hingga mencapai orgasme, seluruh tubuh melewati tahapan fisik dan emosional yang menyenangkan. Tentunya, hormon yang melimpah juga turut berperan dalam mewujudkan seks nikmat.