31 May 2020, 00:59Kulit & Kelamin

Herpes simpleks tipe 2, apakah itu?

AS
Info Penanya: AS, Pria, 32 Tahun
Halo Dok, tanggal 18 mei saya penetrasi dg perempuan lalu nyeri saat kencing. tggl 26 mei saya diberi obat herpes simpleks tipe 2 sesuai diagnosa. tggl 29 mei, hasil laboratorium : Anti HSG2 IgG (EIA), grayzone 1.0 (duplo). 1. Apakah saya positif terkena herpes simpleks tipe 2? jika masih di level grayzone, berapa persen peluang saya sembuh dan bersih dari herpes simpleks tipe 2 ini? 2. Adakah cara agar angka 1.0 ini bisa turun menjadi non reactive atau saya terbebas dari herpes simplex 2?
17730 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ASTerima kasih atas pertanyaan Anda.Herpes simpleks tipe 2 adalah sebuah penyakit berasal dari virus yang dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit pada kelamin. Penyakit ini sering kali disebut dengan herpes genital dan merupakan salah satu penyakit menular seksual. Tanda dari penyakit ini adalah adanya luka atau lepuhan di sekitar kelamin dan atau rektum. 

Adapun tanda dan gejalanya adalah sebagai berikut

  • Munculnya luka atau lepuhan pada kelamin
  • Rasa gatal dan atau panas pada area kelamin yang timbul luka
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman saat buang air kecil
  • Keluarnya cairan pada kelamin
  • Demam dan atau pusing
  • Muncul pemebesaran kelenjar getah bening
  • Nafsu makan menurun
Penularan dari herpes simpleks tipe 2 ini melalui hubungan seksual, yang berasal dari seseorang yang telah terinfeksi sebelumnya. Banyak orang yang terinfeksi virus ini namun tidak memunculkan gejala, hal ini dikarenakan virus sedang dalam masa tidak aktif atau sering disebut dengan istilah dorman.Terkait dengan pertanyaan Anda, bila memang hasilnya grayzone kemungkinan akan dilakukan tes ulang untuk lebih memastikannya selain dengan pemeriksaan lab, perlu juga dilakukan pemeriksaan fisik.Untuk itu, sebaiknya bawa hasil lab anda serta periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan tatalaksana dan terapi yang sesuai. Pastikan Anda menjaga kebersihan area kelamin, hindari berhubungan seksual, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, konsumsi makanan bergizi dan cukupi kebutuhan cairan harian.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
penyakit kelaminpenyakit menular seksualherpes genital
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil