Bintik kecil di kulit wajah, apa penyebabnya?

ME Info Penanya: ME, Wanita, 1 Tahun
Siang dok, di kelopak mata saya muncul bintik seperti bruntusan namun lebih kecil(mungkin herpes kulit?). Bukan hanya di kelopak mata tapi di bawah mata juga, bahkan sampai jidat dan bawah alis. Apakah itu termasuk herpes dok? Dan untuk obatnya pake apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ME,

Bruntusan pada wajah adalah keluhan kulit yang bisa timbul karena beragam penyebab seperti iritasi kulit, reaksi alergi, infeksi kulit ataupun beragam penyebabnya lain. Bruntusan kulit sendiri ada yang perlu dilakukan penanganan khusus ataupun ada yang tidak memerlukan penanganan.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah

Bruntusan di wajah sendiri bisa diatasi dengan cara:

  • Rutin membersihkan wajah terutama jika menggunakan kosmetik
  • Gunakan pelembap wajah dan tabir surya jika berada diluar ruangan
  • Gunakan uap air hangat untuk membantu membuka pori-pori wajah
  • Bisa juga produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida, tea tree oil ataupun bahan alami seperti madu dan cuka apel

Jika keluhan bintik timbul berarir, terasa gatal, perih atau panas ataupun bernanah bisa disebabkan oleh infeksi kulit baik infeksi bakteri seperti jerawat, komedo ataupun infeksi virus seperti herpes. Tapi pada herpes sendiri sering kali diawali demam dan ada riwayat seksual ataupun tertular dari yang mengalami herpes lainnya.

Apabila cara yang disarankan tidak memberikan hasil yang maksimal, ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter kulit atau dokter kecantikan dalam 1-2 bulan kedepan untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai, baik dilakukan pengobatan ataupun tindakan perawatan mulai dari chemical peeling, perawatan laser ataupun perawatan lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan merokok dapat menjadi penyebab kulit kering

5 Faktor Umum Penyebab Kulit Kering

Iklim tropis menjadi salah satu faktor utama masyarakat Indonesia mengalami kulit kering, Disamping itu, penyebab kulit kering dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti usia yang menua, pekerjaan, dan rokok.