Gatal di Kepala dan Benjolan di Leher?

KA Info Penanya: KA
Dok saya mengalami gatal di kepala dan terasa sakit , setelah saya periksa ternyata ada ruam yg berisi air dan setelah itu di leher saya muncul benjolan 3 , saya juga merasa mual dan pusing , dan sakit di area kepala , kira" saya kenapa ya dok , dan saya harus bagaimana ?.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, K.

Terimakasih telah bertanya di SehatQ.

Gatal di kepala bisa di sebabkan oleh beberapa penyebab infeksi jamur, bakteri, virus maupun serangga seperti (kutu). Munculnya ruam adalah tanda dari peradangan. Kulit yang mengalami ruam bisa mengalami gatal, bengkak, mengelupas dan iritasi.

Benjolan di leher disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • Peradangan pada Kelenjar Getah Bening (KGB), sebenarnya KGB merupakan suatu sistem dari kekebalan tubuh manusia yang membantu melawan infeksi. Biasanya ketika terjadi infeksi kelenjar getah bening membengkak untuk memberi tanda. Setelah infeksi mereda, KGB akan mengecil dengan sendirinya. Peradangan pada KGB biasanya disertai demam dan nyeri tekan pada benjolan. 
  • Lipoma merupakan benjolan yang terdiri dari jaringan lemak yang tumbuh pada lapisan otot dan kulit, lipoma bisa bergerak atau bisa bergeser secara perlahan, terasa lunak dan biasanya tidak sakit bila ditekan
  • Parotitis atau gondongan gejalanya disertai nyeri dan demam tinggi
  • Pembesaran kelenjar tiroid (Hipertiroid, Kanker tiroid)

Anda dapat memberikan kompres hangat dengan handuk pada benjolan dileher untuk mengurangi pembengkakan, Anda diperbolehkan minum pereda nyeri seperti paracetamol. Saya sarankan untuk berkonsultasi ke dokter apabila benjolan di leher semakin besar, nyeri, keras, dan apabila disertai keluhan tambahan seperti demam, mual dan pusing kepala yang bertambah parah.

Semoga bermanfaat,

Salam Sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab badan kurus tanpa alasan dapat berupa faktor penyakit seperti Hipertiroid, Tuberkulosis, Diabetes, gangguan pencernaan, dan gangguan psikologis

Jangan Senang Dulu, Kenali Penyebab Badan Kurus Meski Tidak Diet

Hipertiroid, genetik, diabetes, gangguan pencernaan, stres dan depresi adalah faktor penyebab badan kurus yang dapat berakibat menimbulkan masalah kesehatan.