17 Apr 2021, 04:12Kulit & Kelamin

Apakah hernia atau turun bero menganggu kesuburan pria ?

SP
Info Penanya: SP0
Dok.apa kah hernia dia peyebab mandul
80 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, S.Salah satu keluhan yang dialami oleh pria adalah timbul benjolan pada selangkangan atau kantung zakar dimana benjolan ini dapat masuk kembali ketika pria berbaring. Benjolan disebut dengan hernia. 

Apa yang dimaksud dengan hernia dan penyebabnya ?

Hernia adalah kondisi dimana organ perut berupa usus atau lemak, turun di tempat tidak semestinya. Hernia bisa dialami oleh pria maupun wanita, anak, remaja, dewasa, maupun orangtua. Benjolan yang terdapat di kantung zakar disebut dengan hernia scrotalis. Hernia scrotalis disebut pula dengan turun bero. Beberapa jenis hernia lainnya seperti hernia inguinalis dan hernia umbilicalis.Penyebab hernia scrotalis/ turun bero antara lain :
  • Tekanan tinggi di perut karena batuk lama, meniup terompet, mengedan kuat.
  • Kebiasaan mengangkat beban.
  • Lemahnya otot dinding perut.

Apakah hernia scrotalis menganggu kesuburan pria ?

Jika hernia scrotalis dialami bertahun-tahun dan tidak diatasi dengan baik, maka suhu di dalam kantung zakar dapat berubah. Dimana suhu yang seharusnya lebih rendah menjadi terganggu yang menyebabkan sperma tidak diproduksi optimal dan kerusakan sperma lebih besar. Sehingga secara tidak langsung menganggu keseburan pria. Selain menganggu kesuburan, hernia scrotalis juga dapat menyebabkan kematian jaringan usus saat terjepit. Sehingga harus dioperasi segera. Untuk itu konsultasikan keluhan Anda ke dokter spesialis bedah. Selalu jaga kesehatan, hindari faktor risiko hernia.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
meningkatkan kesuburanhernia inguinalsperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil