Hernia pada anak 3 bulan

KS Info Penanya: KS, Wanita, 31 Tahun
Dok anak sy 3bln lalu diperiksa ada potensi hernia.tp sampe skrg blm ada gejala lagi.apakah hrs segera dioperasi atau ada kemungkinan bs sembuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KS,

Hernia pada bayi yang baru lahir bisa timbul karena beberapa faktor penyebab seperti:

  • Kelahiran prematur
  • Dorongan pada organ 
  • Kelainan pada otot-otot bayi
  • Penyebab lainnya

Hernia yang sering timbul sendiri seperti hernia umbilikalis yang letaknya di pusar dan hernia ingunialis di pangkal paha. Jika tampak benjolan bertambah besar, anak menjadi sering rewel, benjolan makin membesar ketika anak menangis, batuk atau mengejan, pembengkakan atau menjadi keras maka perlu penanganan lebih lanjut yaitu prosedur operasi.

Biasanya juga tonjolan dapat berbahaya jika tampak bertambah besar, menjadi keras dan tampak kehitaman dimana hal ini bisa merusak jaringan tubuh yang mengalami hernia tersebut. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan berkala, dimana tidak jarang hernia pada bayi dapat menghilang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi gumoh termasuk hal yang umum terjadi

Bayi Sering Gumoh? Jangan Panik, Moms, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Gumoh adalah keluarnya cairan susu atau makanan yang baru saja ditelan. Bayi gumoh seringkali membuat para orang tua menjadi khawatir. Agar tidak cemas berlebihan, Anda perlu tahu apa penyebab dan bagaimana mengatasi bayi gumoh.