Hernia inguinalis pada anak usia 17 bulan

KS Info Penanya: KS, Wanita, 31 Tahun
Dok anak sy kayaknya termasuk hernia inguinitas.anak sy usianya 17 bln.tp selama ini tdk ada benjolan di dekat pahanya dokter.prnh bengkak kalo kumat itupun kdg 3-4 bulan sekali.kalo bengkak kdg kempes sendiri.bagaimana penangananya dokter.apa hrs segera mungkin dioperasi.tp sy kasian krn msh kecil.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, KS

Terimakasih telah bertanya di SehatQ

Hernia merupakan istilah medis untuk menggambarkan organ yang "berpindah" lokasinya melalui suatu celah tertentu dalam tubuh yang lemah. Setiap bagian tubuh manusia sebetulnya sudah diatur letaknya masing-masing melalui kerja otot dan lapisan-lapisannya. Namun oleh karena satu dan lain hal seperti faktor genetik, lahir prematur, riwayat terpapar polusi sebelum dan sesudah mengandung, dapat menyebabkan beberapa populasi tertentu rentan mengalami hernia.

Hernia sendiri biasanya sudah bisa dideteksi sejak usia bayi, dan setidaknya terdapat 2 jenis hernia yang umum yakni hernia umbilikalis, dan hernia inguinalis. Bila hernia umbilikalis adalah keluarnya organ perut melalui celah otot disekitar pusar, maka hernia inguinalis adalah keluarnya organ perut melalui celah otot yang lemah di daerah sekitar lipatan paha, dan menyebabkan tonjolan di daerah situ.

Jika anak Anda memiliki hernia umbilikalis, Anda tidak perlu khawatir, karena hernia jenis ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika tonjolan itu tidak hilang hingga Si Kecil berusia 5 tahun, maka kemungkinan jalan operasi harus dipilih.

Berbeda jika anak Anda memiliki hernia inguinalis. Jenis ini tidak bisa hilang tanpa bantuan operasi. Operasi dilakukan guna menghindari tonjolan bertambah besar, bertekstur keras, dan menghitam. Jika dibiarkan, hal ini bisa merusak jaringan pada tubuh secara permanen.

Semoga bermanfaat penjelasan dari saya.

Salam sehat

dr. Anugerah

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.