Apa maksud dari penyakit hereditary sideroblastic anemia ?

NF Info Penanya: NF, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya, sebelumnya tahun lalu saya sempat dirawat dan transfusi darah karena terkena anemia, dijelaskan diagnosanya itu hereditary sideroblastic anemia, itu maksudnya apa ya dok? Apakah saya boleh untuk saat ini minum obat penambah darah seperti sangobion? Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NF.

Hereditary sideroblastic anemia atau anemia sideroblastik adalah sejenis anemia yang cenderung langka dengan ditandai oleh kelebihan kadar zat besi di dalam tubuh. Penyebab dari anemia tersebut ialah sel darah merah yang dihasilkan dari sumsum tulang bersifat imatur atau tidak matang sehingga bentuknya berupa cincin, bukan seperti yang seharusnya yaitu cakram. Zat besi pada pada penderita keadaan tersebut tidak dapat masuk pada protein darah merah yang disebut hemoglobin, sehingga sel darah tadi tidak matang dan mengandung radikal bebas yang kemudian justru berbalik menyerang sel darah merah yang sehat. Akibatnya sel darah merah menjadi kekurangan karena lebih cepat mati.

Anemia sideroblastik dikatakan herediter karena salah satu faktor risiko terjadinya adalah faktor genetik atau keturunan. Maka jika salah satu atau bahkan kedua orang tua memiliki gen tersebut di dalam tubuhnya berkemungkinan untuk mewariksannya pada anak. Adapun keadaan lainnya yang didapat semasa hidup, mestki sebelumnya tidak memiliki riwayat keturunan.

Mengenai diagnosis Anda, besar kemungkinan Anda menderita keadaan anemia siderobalastik yang diturunkan secara genetik. Maka akan dibutuhkan penanganan yang lebih intensif karena faktor keturunan umumnya tidak dapat diubah. Namun akan dilakukan penanganan sesuai dengan kondisi yang dialami saat ini. Perihal obat penambah darah, pada Anda tidak diperlukan karena kadar zat besi di dalam tubuh justru berlebih, sedangkan suplemen penambah darah memiliki kandungan zat besi dan diperuntukan bagi penderita anemia jenis lainnya. Untuk itu. baiknya sebelum mengonsumsi suplemen jenis apapun, berkonsultasilah terlebih dahulu  pada dokter yang menangani Anda, karena dikhawatirkan malah bertentangan dengan kondisi dialami.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lansia rentan mengalami malnutrisi karena berbagai faktor, di antaranya kesulitan bergerak dan rusaknya gigi

Lansia yang Malnutrisi Berisiko Menderita Berbagai Penyakit

Malnutrisi adalah kondisi yang sering terjadi pada lansia. Penyebab malnutrisi pada lansia bisa beragam mulai dari faktor pola makan hingga gangguan psikologis. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab berbagai penyakti pada lansia, termasuk anemia.