Apa itu hepatomegali?

BR Info Penanya: BR, Pria, 63 Tahun
SalamSaya usia 56 Thn. Hasil USG menyatakan saya terkena Hepatomegali ec. Massa hepar lobus kanan.Penyakit apakah itu ?Bagaimana mengobatinya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, B.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Hepatomegali adalah suatu kondisi dimana hati mengalami pembesaran lebih dari normal. Fungsi dari hati itu sendiri yaitu mencerna lemak, menyimpan gula, mencegah infeksi, melakukan metabolisme obat-obatan dan racun, dan mengontrol pembekuan darah. Ketika hati mengalami pembesaran, itu sebagai tanda bahwa terjadi suatu penyakit kronis sehingga jaringan di hati tidak dapat berfungsi dengan baik. Penyebab dari hepatomegali itu sendiri yaitu kanker, kelainan jantung dan pembuluh darah, penumpukan lemak di hati, sirosis, hepatitis virus, dan penyakit hati alkoholik.

Kondisi yang Anda alami berdasarkan hasil USG yaitu bahwa ada benjolan di bagian kanan pada organ hati Anda sehingga menyebabkan pembesaran hati. Benjolan tersebut bisa berupa tumor atau kanker. Untuk memastikannya kembali, harus dengan pemeriksaan tambahan yang lain seperti lab darah, CT scan abdomen dll.

Untuk mengatasinya, jika memang benjolan tersebut akibat kanker atau tumor, maka harus diobati dengan pengobatan kanker seperti kemoterapi, obat-obatan, dll oleh dokter spesialis penyakit dalam. Lalu, ubah gaya hidup Anda untuk menjadi lebih sehat lagi dengan makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, hindari konsumsi alkohol, hindari minum obat-obatan yang tidak jelas asal usulnya, dan menurunkan berat badan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Segera periksakan diri ke dokter bila sering keringat di malam hari

Apakah Keringat di Malam Hari Berbahaya?

Keringat saat berolahraga atau di cuaca yang panas dan terik adalah hal yang lumrah. Namun, bagaimana jika Anda mengalami keringat di malam hari yang berlebih? Penyebabnya beragam bisa mulai dari menopause sampai kanker.