16 Mar 2021, 21:36Penyakit Lainnya

Apa yang dimaksud dengan hepatitis reaktif ?

G
Info Penanya: G0
Hasil hepatitis B saya dinyatakan reaktif 6211 COI, apakah itu kronis atau akut? Apakah bisa menularkan juga? Dan penyebab nya apa ya dok?
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, G.Mempunyai suatu penyakit baik dengan keluhan yang ditimbulkan maupun terdeteksi saat melakukan medical check up membuat seseorang merasa takut terlebih penyakit yang ada dapat menjadi kronis, menetap di tubuh, menularkan orang lain serta menurun kepada anak lewat wanita yang hamil dan melahirkan. Sehingga harus segera diatasi dengan baik, tepat, dan cepat.

Apa yang menyebabkan seseorang terinfeksi hepatitis B ?

Penyebab seseorang terinfeksi hepatitis B karena banyak faktor antara lain :
  • Penularan darah saat penggunaan jarum suntik bersamaan maupun donor darah, atau kontak kulit saat ada perdarahan dimana kulit sama-sama dalam keadaan terbuka yang memudahkan virus berpindah.
  • Hubungan seksual.
  • Kehamilan dan persalinan.
  • Membuat tatto, akupuntur, anting-anting, bekam menggunakan jarum bekas.

Apa yang dimaksud dengan hepatitis reaktif ?

Hepatitis dapat diperiksa menggunakan darah dengan mendeteksi HBsAg yang merupakan bagian permukan virus dan anti-HBs yang merupakan antibodi dibentuk tubuh saat seseorang sudah pernah terinfeksi hepatitis B. Selain itu pemeriksaan juga dilakukan berupa HBeAg dan anti-HBe untuk melihat kondisi virus saat itu apakah sedang aktif atau tidak.Hasil pemeriksaan yang didapat sebagai berikut :
  • HBeAg reaktif dan anti-HBe non reaktif, maka hepatitis B masih bisa menularkan dan dalam keadaan akut.
  • HBeAg non reaktif dan anti-HBe reaktif, maka penderita mengalami hepatitis B kronik (carrier) yang potensi penularan sangat rendah.
  • HBsAg  reaktif dan anti-HBS non reaktif, maka hepatitis B masih bisa menularkan dan dalam keadaan akut.
  • HBsAg  non reaktif dan anti-HBS reaktif, maka hepatitis B dianggap sembuh atau hepatitis kronik yang tidak menularkan.
Jadi sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lain seperti yang saya sebutkan diatas, agar dapat diketahui apakah Anda mengalami hepatitis akut maupun kronik. Konsultasikan keluhan dan hasil pemeriksaan Anda dengan dokter spesialis penyakit dalam. Terapkan pola hidup sehat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
sirosis hatihepatitis bpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil